Susun RKPDes, Pemdes Nanggug Gelar MusDes

0

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor melaksanakan Musyawarah Desa khusus (MusDes) di gedung sekolah Madrasah Diniyah Bojong Menteng. Diketahui Musdesus dilakukan untuk mempersiapkan dan menyusun rencana kerja pembangunan tahun 2022.

Kepala Desa Nanggung Muhamad Sodik menjelaskan  dalam  penyusunan Rencana Kerja Pemerinta Desa (RKPDes)  mengenai regulasi  prioritas penggunaan Dana Desa.

Bantuan keuangan DD selain dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) tetapi juga akan  dimanafaatkan untuk membangun jalan desa di enam kampung.

Setelah masuk di APBDes  jalan desa di Kampung Siranggap, Bojong Menteng, Dukuh kawung, Kebon Awi, Kampung Cibitung serta Jalan Mesjid Nanggung 2022  menjadi target pembangunan.

“Kondisinya rusak berat, maka jalan desa di enam kampung jadi prioritas pembangunan,” ujar Kades Nanggung Ahmad Sodik kepada wartawan, Senin (17/1).

Dijelaskannya, Musdes penetapan hasil  pemutahiran  data Internet Download Manager (IDM) berbasis  SDGs kemudian merujuk  Perpres 104 tentang penggunaan Dana Desa untuk tahun 2022.

Dimana program ketahanan pangan menjadi bagian untuk pemberdayaan usaha masyarakat.

Upaya mendukung  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan  pengembangan ekonomi produktif yang dikelola oleh BUMDes dengan begitu program ketahanan pangan seperti perikanan maupun holtikultura menjadi agenda prioritas yang akan dijalankan.

Kasipem Kecamatan Nanggung Ridwan Kusuma mengatakan, Musdes dilakukan menuju perencanaan floting anggaran apa yang menjadi usulan dasar kebutuhan masyarakat.

“Baru dua desa yang telah melaksakan Musdes, diharapkan  Desember ini semua desa sudah harus melaksakan Musdes tersebut,” ungkapnya.

Lebih jauh Ridwan mengapresiasi  Pemerintah Desa Nanggung karena telah mewakili semua desa di Kecamatan Nanggung dengan ikut serta sekolah perangkat desa yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bogor dalam waktu dekat ini.

Berangkat dari ajang lombag desa, kata Ridwan, Pemerintah Desa Nanggung masuk ketegori peringkat empat.

Salah satu desa berprestasi, Pemdes Nanggung ikut serta sekolah desa yang akan difasilitasi DPMD Kabupaten Bogor dan melibatkan dosen IPB University.

“Diharapkan setelah mengikuti sekolah tersebut tentu Desa Nanggung bisa menularkan ke desa lain  tentang ilmu apa yang sudah didapat,” harapnya. 

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here