30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Kembali Tercemar, Ribuan Ikan Mati di Setu Citongtut

JURNAL INSPIRASI – Setu Citongtut tercemar lagi, Selasa(18/1/22). Penyebabnya diduga dari limbah perusahaan yang dibuang diam-diam pada malam hari hingga ribuan ekor ikan mati.

Relawan Gerakan Pungut Sampah (GPS) Adit, menjelaskan Setu Citongtut tercemar limbah kategori B3 karena sejak kemarin sudah ada kematian ikan secara bertahap.

“Kalau lihat dalam kasar mata tanpa uji laboratorium yang belum kita lakukan, baru kemarin yang diambil sampel airnya sama satgas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kecamatan Gunung Putri dan Kabupaten juga ada yang datang kemarin juga ada disini karena limbah yang menyebabkan ribuan ikan mati, bau dan warnanya pun hitam pekat,” jelas Adit.

Menurutnya, kondisi yang sekarang hampir sama seperti tahun lalu. Kuat dugaan limbah dibuang perusahaan pada malam hari saat hujan deras. Kematian ikan juga kata dia, sebetulnya sudah massal karena memang menyebar ikan-ikan yang matinya mengambang ke pojokan setu.

“Kuat dugaan ini limbah perusahaan yang buang secara sengaja pada malam hari ketika hujan deras, meskipun faktor lain juga mempengaruhi seperti limbah domestik rumah tangga dan siklus cuaca tahunan,” papar Adit.

** Nay / Wisnu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles