KONI Harus Lakukan Banyak Pembenahan

0
Fitri Putra Nugraha

JURNAL INSPIRASI – Pelaksanaan Porprov XIV Jabar 2022 secara resmi sudah diundur dari Juli menjadi November 2022 mendatang.

Pengunduran jadwal pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Jabar itu tentunya akan berdampak plus dan minusnya bagi  kesiapan semua atlet dari semua cabor masing masing Kontingen peserta Porprov XIV Jabar 2022.

Ketua Umum Wushu Kabupaten Bogor, Fitri Putra Nugraha yang akrab disapa Nungki mengatakan,  ia tak mau bicara soal kebelakang atau bicara negatif terkait penundaan Porprov XIV Jabar 2022.

Menurutnya, langkah yang harus dilakukan KONI Kabupaten Bogor saat ini adalah harus memastikan kesiapan KONI dalam melakukan test parameter kepada semua atlet dari semua cabang olahraga.

“ Test parameter ini sangat penting. Apalagi, kita punya waktu sepuluh bulan menuju Porprov XIV Jabar 2022,” beber Nungki, Senin, 17 Januari 2022    

Nungki menambahkan, test parameter ini punya arti penting, karena bisa jadi patokan untuk mengukur standar kualitas atlet .

Selain itu, sambung Nungki, test parameter ini akan jadi dasar atau pedoman bagi KONI ataupun Kontingen  dalam melihat sejauh mana perkembangan para atletnya yang akan diterjunkan dalam event olahraga.

Artinya, kata Nungki, capaian prestasi yang akan diraih para atlet itu tak akan beda jauh dengan apa yang dihasilkan saat ia mengikuti test parameter.

“ Hasil dari test parameter ini nantinya bisa jadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas atlet sebelum menuju hari pelaksanaan pertandingan pada Porprov XIV Jabar 2022,” bebernya

Karena pelaksanaan Porprov XIV Jabar akan digelar  November 2022, harusnya KONI Kabupaten Bogor bisa dua kali menggelar test parameter.

Untuk test parameter pertama dilakukan sekitar bulan Pebruari atau Maret. 

 Sementara test parameter yang kedua bisa dilakukan sekitar bulan Agustus atau September 2022 mendatang.

“ Saya tidak tahu apakah KONI Kabupaten Bogor sudah membuat program test parameter atau belum. Yang jelas ini sangat penting, karena bisa mengetahui kondisi  atau perkembangan para atlet,” tegasnya

Nungki berharap KONI Kabupaten Bogor dari sekarang  sudah mendata dan membelikan kebutuhan atlat atau perlengkapan pertandingan semua cabor .

Ia menamahkan, KONI Kabupaten Bogor harus lebih   memperhatikan soal kesejahteraan para atlet, nutrisi dan vitamin para atlet yang akan bertanding di arena Porprov XIV Jabar 2022 mulai dari saat ini.  

“ Intinya kepastian soal kesejahteraan atlet itu sangat penting saat ini, karena akan jadi motivasi yang tinggi bagi para atlet,” tuturnya  

Menurutnya, rentang waktu 10 bulan menuju Porprov XIV Jabar 2022, KONI harus lebih membangun sinergi dan mau mendengar aspirasi semua cabang olahraga.

Kalau KONI mau tanya satu persatu semua cabor saat BK Porprov XIV Jabar 2022 lalu, semuanya pasti akan menyatakan keluhan dan jeritan yang sama.   

“Banyak pengurus cabor atau pelatih sudah lebih dari satu kali ikut Porprov atau Porda.  Namun pengurus KONI mungkin baru ada yang satu kali ikut dalam menangani kegiatan persiapan Porda atau Porprov Jabar ,” sambungnya

Makanya, kata Nungki, perlu sering tukar pikiran ataupun diskusi yang sifatnya saling mengisi supaya nantinya dapat prestasi  yang maksimal.

** AS Pangrango

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here