28.8 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

DBD Meningkat di Cigudeg

JURNAL INSPIRASI – Pasien demam berdarah dengue (DBD) di Puskesmas Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor meningkat signifikan. Hal itu lantaran musim pancaroba terjadi dan genangan air meningkat sehingga menyebabkan jentik nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.

Kepala Puskesmas Cigudeg, Dr Muhammad Havid Suhada mengatakan, terkait kasus DBD memang sudah ada. Kondisinya tidak meningkat drastis, ada satu dua orang yang sudah pihaknya tangani.

“Jadi pada pasien-pasien yang kondisinya bisa ditangani oleh puskesmas itu dirawat, ada beberapa pasien yang dirawat. Karena perubahan pancaroba yang kita lihat dalam kondisi cuaca disini memang terjadi peningkatan curah hujan yang tinggi,” ungkapnya kepada Jurnal Bogor, Kamis (13/1/22).

Ia menjelaskan, puskesmas juga disini sudah turun serta dalam melakukan edukasi ke masyarakat dan pencegahan supaya tidak terjadi hal hal yang biasa nya muncul di musim pancaroba.

“Yang pertama yang sudah kita lakukan di bulan Desember dan Januari itu sudah melakukan jentik berkala. Kita juga melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan juga sosialisasi kepada masyarakat tentang 3 m dan bagaimana cara pencegahan supaya nyamuk ini tidak berkembang biak itu dengan cara 3 M (menutup, mengubur dan menimbun),” bebernya.

Secara pasti pihaknya masih menunggu hasil evaluasi di akhir bulan. Namun, kemarin ada satu dua pasien dan itu sudah ditangani di puskesmas.

“Walaupun kita di tengah pandemi Covid-19 kita juga harus waspada dengan DBD jadi setiap kita temukan gejala demam tiba-tiba tanpa batuk tanpa pilek itu harus segera periksakan ke dokter,” tegasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat harus waspada bahwa sewaktu-waktu bisa menderita DBD.

“Cara waspadanya mungkin dua hal, yang pertama kita melakukan pencegahan secara baik yaitu melakukan 3 M. Jika ada sumber-sumber air yang tergenang kita harus segera peka yaitu dengan cara menguras bak mandi kita minimal 2 hari sekali,” imbuhnya.

Sementara itu, Mutia yang mengalami DBD mengatakan, sudah tiga hari ini dia dirawat di Pukesmas Cigudeg. “Sudah tiga hari ini saya dirawat. Alhamdulilah hari ini sudah membaik dan bisa pulang,” singkatnya.

**andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles