32.6 C
Bogor
Tuesday, April 16, 2024

Buy now

spot_img

Perwakilan Warga Desa Ciderum Ontrog Kecamatan Caringin

JURNAL INSPIRASI – Puluhan perangkat Desa Ciderum, mulai dari BPD, LPM, Kadus, RW dan RT mewakili warga, mengontrog kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Senin (10/1/2022). Kedatangan para pengurus di Desa Ciderum tersebut, untuk menyampaikan keluhan warga terkait kemacetan di Jalan Cikereteg akibat padatnya kendaraan yang akan berwisata ke Desa Pancawati.

Sempat terjadi perdebatan antara perwakilan warga dengan Kepala Seksi (Kasi) Trantib Kecamatan Caringin, karena warga diarahkan untuk ke Dinas Perhubungan (Dishub) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terkait permasalahan kemacetan.

Kepala Dusun (Kadus) Kampung Ciletuh Desa Ciderum, Didin Subandi mengatakan, pihaknya datang ke kantor kecamatan karena menghargai pemerintahan dibawah. Sehingga, sebelum menyampaikan keluhan ke tingkat bupati atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, terlebih dulu meminta solusi ditingkat kecamatan.

“Kalau pun mau kami bisa saja menyampaikan keluhan semua warga Desa Ciderum ini ke Bupati Bogor langsung. Tapi kami punya etika dan masih menghargai pihak kecamatan,” kesalnya dengan nada tinggi saat keluar dari ruangan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Caringin, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, keluhan warga terkait kemacetan di Jalan Cikereteg karena banyaknya kendaraan yang akan berwisata ke wilayah Pancawati, sudah lama terjadi. Bahkan, setiap tahun keluhan warga itu sudah dimasukkan kedalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

“Setiap tahun solusi mengurai kemacetan di jalan utama warga beraktivitas itu, selalu dimasukkan kedalam Musrenbang, baik tingkat desa hingga kecamatan. Tapi sampai sekarang tidak pernah ada solusi,” ungkap Didin.

Untuk itu, lanjut Didin, melalui perwakilan warga tiap wilayah di Desa Ciderum, mulai dari BPD, LPM, Kadus, RW hingga RT, ikut datang ke kantor kecamatan agar bisa disampaikan ke warga masing-masing.

“Hasil dari pertemuan ini, kami sampaikan lagi ke warga. Makanya, kami ingin langsung bertemu dengan camat dan Kapolsek Caringin,” tegas Didin dihadapan Sekcam Caringin dan Kasi Trantib.

Perwakilan warga pun yang berada di luar kantor kecamatan, menolak bila kedatangan mereka tidak langsung bertemu dengan camat. Bahkan, massa yang notabene para pengurus wilayah Desa Ciderum, ancam akan mendatangi Pemkab Bogor bila kedatangan mereka tidak bertemu dengan camat yang saat itu sedang rapat dengan Satgas Covid-19, seperti Kepala Puskesmas Caringin dan Kapolsek Caringin di aula kantor kecamatan.

Massa mulai tenang setelah Camat dan Kapolsek Caringin selesai rapat, lantaran keluhan dan aspirasi mereka bisa langsung disampaikan.

** Dede Suhendar/Deni Pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles