27.1 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Cari Keberkahan, Pemdes Kalongliud Pengajian Setiap Jumat

JURNAL INSPIRASI – Pemerintahan Desa (Pemdes) Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor menggelar pengajian di aula kantor Desa Kalongliud bersama stakeholder mulai dari Pemerintah Desa dan seluruh jajaran Lembaga Kemasyarakatan Desa dan alim ulama setempat.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman mengatakan, kegiatan tersebut agar ada keseimbangan antara apa yang dilakukan didalam tata kelola dan tata laksana roda pemerintahan desa dengan hukum-hukum agama. “Intinya kita sedikit memahami apa yang hak dan yang tidak hak,” ungkapnya.

Jani Nurjaman menyebutkan, pengajian itu akan rutin digelar setiap Jumat. Selain untuk meningkatkan silaturahmi juga untuk mencari keberkahan dan berkumpul sambil menuntut ilmu agama.

“Alhamdulillah kegiatan pengajian kami rutin laksanakan dan antusias dari seluruh jamaah khususnya para pemangku kepentingan dalam hal ini stakeholder yang ada di Desa Kalongliud ini ikut serta didalam pengajian tersebut,” katanya, kemarin.

Dalam pengajian tersebut, kata Jani Nurjaman, pertama yaitu tausiyah dengan beberapa tema yang sudah ditentukan diantaranya tentang akidah akhlak dan fiqih. Dari tema-tema tersebut kemudian dikembangkan dalam tanya jawab setelah selesai melakukan tausiyah dari tenaga pengajar asal MUI desa, para alim ulama dan ustadz yang ada di wilayah Desa Kalongliud.

“Kita berikan waktu selama 30 menit kepada pada jamaah untuk bertanya dari substansi ataupun tema yang telah ditentukan pada hari itu,” ujarnya.

Menurutnya, pengajian itu selaras dengan visi misi Bupati Bogor dengan Program Pancakarsa yaitu Karsa Berkeadaban.

“Saat ini Alhamdulillah dengan pandemi Covid-19 ini sudah menurun bahkan di Desa Kalongliud sudah menjadi zona hijau dan tingkat peserta vaksinasi juga sudah mencapai 85 persen,” ucapnya.

**Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles