Warga Jasing Keluhkan Listrik yang Kerap Mati Nyala

0

JURNAL INSPIRASI – Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jasinga mengeluhkan sering terjadinya aliran listrik yang kerap mati nyala.

Seperti yang disampaikan salah satu warga,  Ahmad. Warga Kampung Peuteuy, Desa Kalongsawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor ini mengatakan, pemadaman listrik yang kerap terjadi secara singkat tersebut membuat dirinya bertanya-tanya. Pemadaman secara singkat tersebut seperti sedang di permainkan.

“Aneh emang, hampir setiap malam listrik mati hidup seperti sedang dipermainkan, kaya anak kecil mainin stop kontak gitu loh dimatiin dinyalain dimatiin dinyalain,” ungkapnya keheranan.

Dia menambahkan, dengan adanya kejadian listrik padam dan menyala secara singkat tersebut tentunya membuat dirinya sebagai pelanggan perusahaan milik negara tersebut merasa terganggu.

“Tentunya kita terganggu dan saya rasa warga lain pun merasakan hal serupa seperti saya, dan satu lagi ini, ada apa ya kalo sering kaya gini, apa jangan – jangan sedang dipermainkan untuk melonjakan tagihan,” tuturnya penuh tanya.

Sementara itu, Jajang yang kebetulan mendengar pembicaraan Ahmad pun membenarkan adanya listrik yang kerap mati dan nyala tersebut.

“Iya itu biasanya sering terjadi setiap malam diatas jam dua belas malam, ya sekitar jam satuan lah biasanya suka kaya gitu, kaya semalam jam satuan sama jam setengah tiga kayak gitu” ungkapnya.

Staf Teknik PLN Rayon Jasinga, Adit saat dikonfirmasi menyampaikan bahwasanya kawasan yang dikeluhkan masyarakat itu masuk dalam kawasan penyulang Kalimaya, yang mana penyulang Kalimaya itu ada saklar atau sekringnya (sekloser).

“Terkait padam nyala padam nyala mungkin dijaringannya itu melewati pohon-pohon yang sudah mendekati kabel listrik, jadi kalo misal pohon kena kabel listrik pasti dia ada gangguan,” bebernya.

Dia pun menambahkan, penyebab mati nyala mati nyala akibat eklus sehingga eklusnya itu dari ranting pohon kena jaringan dan habis itu lepas lagi.

“Jadi upaya dari kami setiap hari itu pasti ada kegiatan buat pemangkasan pohon-pohon yang sudah mendekati jaringan supaya pohon-pohon itu bisa terhindar dari jaringan listrik,” tandasnya.

**Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here