32 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Usaha Katering Rumahan Tetap Bertahan di Masa Pandemi

JURNAL INSPIRASI – Salah satu usaha katering rumahan milik Ibu Nunur yang berlokasi di Jl. Pejaten Barat II Jakarta Selatan, dengan nama usaha Dapurreeva katering menawarkan hidangan berupa nasi box, kue ulangtahun, minuman herbal dan lain sebagainya yang bisa dipesan melalui sistem preorder tanpa minimal pemesanan.

Sebelumnya pemilik usaha katering rumahan ini mempunyai kedai sendiri atau yang biasa disebut dengan warung nasi. Namun pada saat awal pandemi, warung makan milik Ibu Nunur terkena dampak yang cukup parah sehingga warung makan miliknya tidak seramai biasanya. Dengan keadaan seperti itu membuat pemilik usaha warung makan tutup dan mencari jalan keluar untuk tetap bertahan meski kondisi sedang pandemi.

“Dulu saya punya warung nasi di daerah Pejaten juga tapi ya waktu itu emang pas awal covid warung nasi sepi orang masih takut untuk beli makan diluar akhirnya tutup karena gak ada pemasukan,” ujar Ibu Nunur saat dimintai keterangan, Kamis (06/01).

Dengan pengalaman yang tidak mengenakan, akhirnya dia menyediakan jasa masak atau katering rumahan dan pemesan bisa macam – macam makanan mulai dari makanan ringan seperti kue – kue, makanan berat, dan kue ulangtahun.

Kemduian dia mengembangkan usahanya dengan menyediakan minuman herbal buatan sendiri dengan nama MAPIS (Madu Jeruk Nipis) ala Reeva dan sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan).

“iya, waktu itu warung tutup akhirnya saya coba buat bikin jasa masak terima pesanan gitu, dari mulut ke mulut akhirnya banyak yang tau ya cukup lumayan banyak orderan juga buat acara ulangtahun, acara keluarga gitu. Saya juga bikin produk sendiri minuman herbal gitu ada minuman yang bahan dasarnya dari buah, ada madu jeruk nipis” tambahnya.

Dalam upaya bertahan saat pandemi pemilik usaha catering rumahan ini mencoba untuk menawarkan jasanya menggunakan media online seperti Facebook dan banyak teman, serta warga sekitar yang memesan dan merekomendasikan masakan dari pemilik usaha katering rumahan Dapurreeva.

Setelah mencoba hal baru dengan membuka jasa masak atau katering rumahan pemilik Dapurreeva katering sering menerima pesanan seperti nasi box dan kue ulang tahun namun ada menu yang menjadi rekomendasi dan pemilik usaha sering mendapatkan pesanan dengan menu nasi tutug oncom, nasi liwet teri asin, dan nasi terasi bawang dengan tahu tempe dan ayam, untuk sambalnya pemesan bisa memilih sambal apa yang diinginkan.

Saat pandemi, UMKM seperti ini banyak terkena dampak. Dengan begitu, pemilik katering rumahan Dapurreeva menggunakan media online seperi Facebook dan Instagram sebagai media promosi, dalam menerima pesanan secara online pemilik menggunakan akun media sosial Instagram @dapurreeva dan sudah tertera lokasi usaha katering, nomor telephone untuk dihubungi dalam mempermudah pemesanan secara online dan ada beberapa sampel testimoni berupa foto dan video dari masakan yang pernah dibuat.

**Yudha Rezky|Yudhistira Putra/mg-up

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles