Hmmm … Baru Seumur Jagung Proyek Samisade Desa Ligarmukti Retak dan Ngelotok

0
Kondisi jalan di Desa Ligarmukti sudah mengelupas

JURNAL INSPIRASI – Program unggulan Bupati Bogor, diduga banyak disalah gunakan oleh segelintir orang sehingga adanya anggaran Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tidak maksimal dengan hasil di lapangan.

Seperti yang terjadi di Desa Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor betonisasi yang belum seumur jagung tersebut sudah retak parah dengan sendirinya. Padahal jalan tersebut bukanlah jalan yang dilalui kendaraan bertonase tinggi.

Kepala Desa Ligarmukti Samin mengatakan, Samisade Desa Ligarmukti berada di Kampung Cisalada RT 08/04 dan pembuatan di tahap kedua saat November akhir. Untuk Pengaspalan jalan desa dengan volume P 1.100 x L 2,5 x T 0,5 dengan anggaran Rp.613.490.000, dan untuk betonisasi jalan desa volume P 747M x L 2,5M x T 0,12M dengan anggaran Rp.386.510.000, serta untuk drainase terdapat di 2 titik

“Pekerjaan Samisade ini kami kerjasamakan dengan PT PPE yang merupakan BUMD Kabupaten Bogor. Namun PPE hanya sebatas menyuplai barang saja, untuk tenaga kerjanya TPK bersama masyarakat,” paparnya, Kamis (06/01/22).

Terpisah, Toto, salah satu warga yang melintas mengatakan dirinya berterimakasih karena jalan ini sudah lama baru tersentuh beton, tapi agak kecewa karena hasilnya tidak memuaskan. Pasalnya, jalan yang masih tergolong baru, namun betonnya sudah banyak yang retak dan terkikis seperti asal jadi atau memang kualitas dari beton itu sendiri yang kurang baik.

“Saudara saya kan tinggal disini, hampir sering saya melintasi jalan sini, senang udah gak becek lagi, cuma aneh aja masa jalan yang baru dibikin udah banyak yang retak dan terkikis begini. Ssetau saya jalan ini jarang dan bisa dibilang tidak pernah dilintasi mobil bermuatan berat, lebih banyak motor. Jadi aneh aja kalo jalan baru udah retak – retak,” jelasnya.

** Nay / DW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here