Ditjen Dikti Ristek Danai LPPM Unpak Bangun Ikon Situ Tunggilis Sebagai Obyek Wisata Desa Situsari

0
Pengabdian mahasiswa Unpak di Desa Situsari

Cileungsi | Jurnal Bogor

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen DIkti Riset) melalui  program “Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Tahun Anggaran 2021”, memberikan pendanaan kepada LPPM Unpak dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “ Penataan Ruang Situ Tunggilis Untuk Pengembangan Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan”.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berlokasi di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor yang melibatkan 5 orang dosen dan 10 orang mahasiswa dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan Bogor. 

Dr. Ir. Janthy T Hidayat, MSi, sebagai ketua tim menyatakan bahwa pembangunan Ikon Situ Tunggilis merupakan salah satu bentuk hasil kegiatan pengabdian masyarakat dijadikan sebagai penanda dan pengarah  keberadaan obyek wisata Situ Tunggilis di Desa Situsari yang akan menarik perhatian masyarakat atau wisatawan untuk datang serta menjadi pemicu pengembangan wisata di Situ Tunggilis.

Pengabdian masyarakat ini dikaitkan dengan kebijakan Pemda Kabupaten Bogor yaitu pembinaan desa wisata, dimana telah dihasilkan master plan dan animasi kawasan wisata Situ Tunggilis akan dijadikan sebagai modal fisik untuk mengembangkan obyek wisata serta pelaksanaan pelatihan keuangan, SDM dan pemasaran digital bagi masyarakat sebagai modal sosial  dalam pengelolaan dan pengembangan desa wisata.

Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini merupakan ajang mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, pemanfaatan hasil kerja dosen dan mahasiswa, pelibatan praktisi dan masyarakat, merupakan perwujudan kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang mendorong fleksibilitas kampus dalam kolaborasi  dan sinergi bersama dunia usaha, dunia industri, dan masyarakat umum.

Kepala Desa Situsari , H. Dahlan dan Direktur BUMDes Wijaya Kusumah, Arif Suratman menyatakan bahwa masyarakat Desa Situsari menyambut baik kegiatan ini dan berharap  akan terus bersinergi serta bersemangat mewujudkan program ini untuk meningkatkan perekoniman desa dan kesejahteraan masyarakat.

**rls-un

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here