UPT, Pemdes, BPBD, Ormas dan Masyarakat Bersihkan Situ

0
Situ di Desa Situsari dibersihkan.

JURNAL INSPIRASi – UPT Pengelolaan  Sampah 2 Kecamatan Jonggol bersama pemerintah desa, ormas, BPBD, dan tokoh masyarakat  melaksanakan kegiatan bersih situ yang terletak di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Menurut Kasubag Tata Usaha UPT Pengelolaan Sampah 2 Jonggol Eming Sutisna,  kegiatan tersebut bagian dari kewajiban kita untuk membersihkan situ.

“Seringkali  Situ Tunggilis dijumpai kondisinya banyak  sampah. Sampah tersebut merupakan sampah liar yang dibuang oleh warga saat berkunjung ke situ. Untuk menjaga kondisi situ  dibutuhkan pengelolaan sampah  hal ini  sangat penting, selain dari aspek estetika tentu juga dari sisi kesehatan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berdampak ,” ujarnya, Jumat (31/12).

Eming  menambahkan, selain itu sampah yang  dibuang  secara sembarangan di lingkungan situ  bisa membahayakan bagi kesehatan warga sekitar.

” Tujuan dari kegiatan bersih  situ adalah meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan  untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari serta meningkatkan kerjasama lintas sector,”  tambahnya.

Lanjutnya, kegiatan Bersih  Situ Tunggilis melibatkan unsur Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Pemdes, LSM dan ormas. Kelompok masyarakat tersebut antara lain dengan asal peserta yang beraneka ragam tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerjasama lintas sektor utamanya dalam penanganan sampah situ yang menjadi salah satu tujuan kegiatan

“Berdasarkan pembersihan yang telah dilakukan, sampah yang dominan ditemukan di kawasan situ adalah sampah plastik seperti sedotan,  kemasan makanan, minuman dan sendok plastik. Sebagian besar plastik yang ditemukan sudah dalam kondisi rapuh dan mudah terurai menjadi butiran – butiran plastik yang lebih kecil. Hal ini menunjukkan sampah plastik tersebut sudah berada di kawasan situ cukup lama dan tidak bisa terurai, meskipun menjadi butiran – butiran kecil yang kita kenal dengan mikroplastik. Mikroplastik ini justru lebih berbahaya karena bisa terakumulasi ,” ungkapnya

Sementara jumlah sampah yang diangkut dari Situ Tunggilis  kurang lebih dari lima truk. Terbayangkan  betapa banyaknya sampah yang ada di Situ Tunggilis yang tidak terkelola dengan baik dan menyebabkan penurunan kualitas lingkungan ataupun membahayakan situ. “ Oleh karena itu, mari jaga lingkungan dan situ dengan mengurangi penggunaan plastic,” pungkasnya.

**Nay / Ramses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here