27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Daman Huri: Tahun 2022 Kita Target Lebih Banyak Penghargaan

JURNAL INSPIRASi – Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor meraih sebanyak 23 penghargaan dari tingkat Kabupaten Bogor sampai ke tingkat nasional pada tahun 2021.

Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri, mengatakan, Kampung Ramah Lingkungan (KRL)  meraih 13  penghargaan, satu penghargaan peringkat ke-4, harapan 1 tingkat nasional penghargaan Binter, satu penghargaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) juara 2 terbaik 2021, lima penghargaan Sekolah Adiwiyata, satu  penghargaan juara umum peserta terbaik KRL, satu  penghargaan Desa Lunas Pajak, dan satu  penghargaan Posyandu terbaik pertama tingkat Kabupaten Bogor.

“Untuk 2021 Alhamdulillah Desa Gunung Putri meraih penghargaan terbaik dengan target kita sebanyak 20 penghargaan, namun ternyata ditahun ini dan kita mendapatkan 23 penghargaan,” Ucap Daman Huri kepada Jurnal Bogor, Minggu (02/01/22).

Daman Huri mengatakan untuk tahun 2022 akan lebih semangat dalam meraih penghargaan dan akan melebihi target sebelumnya. “Tahun 2022 kita targetkan sebanyak 30 penghargaan dan insya Allah akan kita capai semua,” katanya.

Dalam meraih penghargaan tersebut, ia menjelaskan tidak semata mata hanya duduk manis dan tidak melakukan apa apa. Daman Huri mengatakan, sedikitnya kepala desa harus melakukan pendekatan ke masyarakat dan tidak hanya tinggal diam di belakang meja.

“Intinya pendekataan ke masyarakat, kemudian kepengurus lingkungan untuk mensosialisasikan program-program desa kemasyarakat. Lalu bentuk tim inti untuk mensosialisasikan mengajak masyarakat sehingga masyarakat dapat berpartisipasi untuk membangun desa lebih baik, dan memang harus ada kesepahaman visi dan misi. Memang bukan pekerjaan mudah, mendapatkan 23 penghargaan ini setelah sosialisasi selama 2 tahun, dari 2 tahun inilah memetik hasil sehingga mereka bisa bergerak, dan bisa menghasilkan 23 penghargaan di tahun 2021 yang melampaui target,” jelasnya A Heri biasa disapa.

Ia pun berharap besar kepada masyarakat untuk tetap satu komando dan tetap fokus kedalam penataan lingkungan sehingga lingkungan tetap asri. Sebab berangkat dari lingkungan itulah bisa bekerja baik, berpikir positif, kemudian untuk meningkatkan g tahap ke 2 ini untuk membuat konsep lingkungan bisa diberdayakan dalam bentuk ekonomi dan sudah dapat dilakukan

” Seperti bank sampah, sudah terbentuk 46 dan itu bisa menjadi cuan, bila sudah mendapatkan hasilnya, masyarakat pasti pada semangat, pasti bergerak. Nah konsep sekarang ini yang sedang kita lakukan,  tahun ke-2 ini yaitu konsep ekonomi yang bisa disinergikan lingkungan, dari lingkungan kita garap potensi-potensi yang besar sebetulnya, yang dianggap tadi sebelah mata, ternyata ada hasilnya,” pungkasnya mengakhiri.

** Nay / Wisnu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles