TPT longsor, Rumah dan Masjid di Pasir Maung Mengkhawatirkan

0

JURNAL INSPIRASI – Tanggul Penahan Tanah (TPT) aliran Sungai Cikeas, RT 04/05 Kampung Pasir Maung, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor longsor, Minggu (26/12/21). Longsornya TPT ini membuat rumah warga dan masjid kondisinya mengkhawatirkan

Kadus 1 Kampung Pasir Maung Mulyadi mengatakan, kejadian longsor pada pukul 14.00 Wib dan kejadian longsor tersebut disebabkan karena curah hujan yang tinggi dan penggerusan tanah di dasar pondasi.

“Longsor TPT yang diatasnya ada masjid, 1 rumah warga, pemakaman dan jembatan yang kita bangun kemarin. Penyebab dari longsor tersebut kemungkinan ada pergerusan tanah didasar pondasi yang tidak terlihat sehingga pondasinya tidak kuat menahan air dan curah hujan pun tinggi sehingga terjadinya longsor,” kata Mulyadi, Selasa (28/12/21).

Dia juga mengatakan, aset warga yang saat ini rusak seperti gazebo, kandang ayam, serta tempat penyimpanan barang yang sebagian sudah terbawa air.

“Dikhawatirkan dapat berkelanjutan khusus ya untuk masjid, pemakaman warga serta rumah warga, untuk total kerugian itu kita masih mendata jumlah kerugian oleh tim kita,” katanya.

Meski demikian, dia bersyukur tidak ada korban jiwa dan sudah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Bogor agar mencari penanganan pembangunan yang perlu disegerakan. Pasalnya, jika tidak segera kemungkinan akan merugikan dan membahayakan warga.

Senada disampaikan Nuryadi, salah satu warga, yang juga rumahnya dekat dengan bibir longsor mengatakan dengan kejadian tersebut dia berharap TPT dibangun lagi.

“harapannya hanya ingin cepat dibetulin lagi TPT-nya, karna takut rumah saya, saya ikut terkena longsor karena jarak longsor dengan rumah hanya 1 meter,” pungkas Nuryadi.

** Nay / Wisnu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here