Warga Curug Dikejutkan Adanya KTP Ganda

0

JURNAL INSPIRASI – Warga Kampung Curug RT 02 RW 02, Desa Leuweungkolot, Kecamatan Cibungbulang dikejutkan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda, Minggu (26/12/2021).

Pasalnya, hampir puluhan KTP milik warga Kecamatan Cibungbulang tersebut digandakan untuk kepentingan orang tertentu.

Orang tua korban, Asep mengatakan, dengan kejadian ini pihaknya merasa kaget dan khawatir kartu identitas anaknya disalahgunakan.

“Saya juga kaget mendengar KTP anak saya digandakan, ya kecewa ya saya pengen orang di tangkap,” ungkapnya.

Dirinya meminta kepada pemerintah agar mengusut tuntas kejadian tersebut.

“Saya juga khawatir dengan adanya KTP tersebut, takut disalah gunakan nanti anak saya yang harus bertanggung jawab, saya minta pertanggung jawaban dari orang tersebut jika terjadi sesuatu,” bebernya.

Ia menegaskan, bahwa anaknya melakukan pendataan hanya sebatas untuk melakukan permohonan bantuan UMKM.

“Dulu mengajukan untuk bantuan UMKM sampai saat ini belum mendapat bantuan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Acuh Sumantri mengatakan, bahwa kedua warga tersebut belum pernah melakukan pengajuan apapun terkait kartu identitasnya.

“Belum ada, yang pertama itu baru sesi pemotretan dan sudah jadi KTP-nya. Bahkan belum ada juga perubahan KTP,” ujarnya.

Bahkan dirinya merasa kaget dan khawatir dengan adanya  kartu identitas ganda tersebut lantaran takut disalahgunakan.

“Saya juga merasa kaget, orang tersebut kan sudah memiliki KTP apa lagi sekarang muncul kembali KTP tersebut jadi kan ganda, takutnya disalah gunakan, tolong diusut dengan tuntas terkait oknum tersebut yang sudah menggandakan KTP warga saya,” ucapnya.

Dirinya memberikan bahwa kedua warganya dulu melakukan pengajuan untuk pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk bantuan UMKM.

“Dulu memang kedua warga saya mengajukan permohonan pembuatan SKU, akan tetapi sampai saat ini belum mendapat bantuan tersebut,” jelasnya.

Dalam peristiwa tersebut, dirinya akan melaporkan hal tersebut kepada pemerintah desa agar segera ditindaklanjuti.

“Yang pertama tentunya saya akan melaporkan hal tersebut ke pemerintah desa bahwa ada warga saya ada KTP ganda,” tegasnya

**andres