24.7 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Minta Uang ke Gapoktan, Akun WhatsApp Dibajak Pelaku Kejahatan

JURNAL INSPIRASI – Staf Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Budi Darmawan menghimbau kepada warga terutama para pengurus kelompok tani (Gapoktan) wilayah Cijeruk untuk berhati-hati saat ada yang meminta uang melalui akun WhatsApp.

Menurut Budi, belum lama ini akun WhatsApp miliknya dibajak oleh pelaku kejahatan dengan menghubungi pengurus Gapoktan. Pelaku meminta sejumlah uang dengan mencatut namanya kepada Ketua Gapoktan Desa Cibalung.

“Kemarin saya dihubungi Ketua Gapoktan Desa Cibalung, bahwa ada yang meminta uang melalui akun WhatsApp dengan menggunakan foto saya. Tapi nama lengkap saya tidak dicantumkan seluruhnya, sehingga  Ketua Gapoktan curiga dan pesan WhatsApp pelaku discrenshot lalu dikirim ke saya. Dan betul itu bukan saya, karena nomornya juga bukan milik saya,” ungkapnya kepada wartawan.

Meski sudah diketahui akun WhatsAppnya dibajak pelaku kejahatan, Budi mengaku belum melaporkan ke pihak berwajib. Alasannya, karena dalam kejadian itu belum ada yang dirugikan, sehingga dirinya hanya menghimbau agar masyarakat waspada untuk tidak sembarangan mentransfer sejumlah uang atas nama dirinya. Lantaran, dirinya tidak pernah meminta uang kepada siapapun termasuk Gapoktan Cibalung.

“Tentunya perbuatan pelaku sangat merugikan saya. Karena pelaku memakai foto profil ketika saya menjabat sebagai penjabat lepas tugas (Plt) Kepala Desa Cibalung. Namun beruntung dalam hal ini tidak ada korban,” paparnya.

Ketua Gapoktan Desa Cibalung, Ridwan membenarkan adanya pelaku penipuan yang meminta sejumlah uang dengan mengatasnamakan Budi Darmawan, staf Ekbang Kecamatan Cijeruk.

 “Saya merasa curiga dengan permintaan uang yang dilakukan pelaku melalui WhatsApp. Karena selama ini belum pernah pak Budi Darmawan minta uang. Makanya saya langsung hubungi pemilik akun WhatsApp yang asli. Benar saja, itu bukan pak Budi Darmawan,” jelasnya.

Hal serupa juga dialami staf Desa Cibalung, dirinya dihubungi pelaku dengan menggunakan bahasa daerah. Namun staf desa tersebut langsung sigap dan menanyakan langsung ke pemilik akun, yaitu Budi Darmawan.

** Deni Pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles