25.6 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Selain Peningkatan Kapasitas, Pemdes Batutulis Alokasikan DD Tahap Akhir Hotmix Jalan

JURNAL INSPIRASI – Dipenghujung tahun 2021, Pemerintahan Desa (Pemdes) Batutulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap ketiga tahun anggaran 2021 untuk membangun insfrastruktur dan peningkatan kapasitas kelembagaan desa.

Kepala Desa Batutulus Ade Supriatna menyebutkan, sumber anggaran dana desa akhir tahun telah direalisasikan berupa pengaspalan jalan desa yang terletak di Kampung Pasirgintung RT 02 RW 01.

“Pengerjaan pengaspalan jalan antar RT  dengan sistem hotmix yang berdiameter 309x 2,5 meter,” ujar kepala Desa Batutulis Ade Supriatna kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Tak hanya itu, selain  membangun insfrastruktur jalan dan pelaksanaan peningkatan kapasitas kelembagaan desa yang digelar beberapa waktu lalu, di penghujung tahun ini telah dilaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) bagi keluarga penerima manfaat.

BACA JUGA BPA Dicegah Sejak Dini, Revisi Aturan Label BPA Free AMDK Sedang Berproses

Pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan desa yang di gelar belum lama ini dengan sejumlah peserta diantaranya RT, RW, BPD dan seluruh staf desa. Menurutnya, sasarannya dari pelatihan tersebut agar semua kelembagaan desa bisa mengambil manfaat serta dampak nilai positif.

“Tentu mereka bisa tahu dasar dan tugas fungsi dari masing – masing lembaga pemerintahan desa,” tuturnya.

Sementara ketua LPM Desa Batutulis Jaja Subagja atau yang akrab dipanggil Sanim menjelaskan, pembangunan  hotmix jalan agar akses menuju pelosok kampung tak lagi digenangi air ketika hujan.

“Tentunya masyarakat merasa nyaman menggunakan jalur itu dengan hotmix,” tandasnya.

Diketahui hotmix jalan selain menuju perkampungan juga akses menuju tempat pemakaman umum Sipayung.

“Pembangunan hotmix itu salah satu jalan yang sering dilalui masyarakat ke tempat pemakaman umum Sipayung,” jelasnya.  

**Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles