Tingkatkan Kreativitas Anak, TK Islam Fatmawati Adakan Market Day

0
Market day di TK Islam Fatmawati

JURNAL INSPIRASI – Berbagai inovasi dilakukan sekolah untuk meningkatkan kreativitas anak. Demikian yang dilakukan TK Islam Fatmawati dengan mengadakan Market day di Sekolah, Kamis (23/12/2021) yang beralamat di Jl. Sukadamai Raya, Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa Islam fatmawati yang didampingi orangtua dan guru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Market day ialah kegiatan anak-anak untuk belajar jual beli yang didampingi oleh mamanya. Terlihat antusias dari anak-anak sehingga berbagai  produk diperjualkan seperti coklat pelangi, es kul kul, baslok, pisang keju, pitza, dan berbagai jualan menarik lainnya dengan ketentuan harga tidak lebih dari Rp.5000.

BACA JUGA Dewan Kritik Proyek Suryakencana

Anak-anak sudah dibagi oleh guru kelas menjadi penjual dan pembeli. Setelah diberi arahan, anak-anak dipersilahkan untuk membeli jajanan teman-temannya. Hal ini bertujuan untuk mengenal penjumlahan dan pengurangan kepada anak-anak. “Ini harganya 2 ribu”, ujar sizar salah seorang siswa saat menjelaskan harga coklat pelangi yang dijualnya. 

Kegiatan ini mengenalkan matematika dasar kepada anak. Hal ini disampaikan Kepala Sekolah TK Islam Fatmawati Siti Wiwi Marwiyah S.Pd.I  “ Kegiatan market day ini bertujuan memberikan pengalaman baru, praktek belajar menjadi penjual dan pembeli. Banyak ilmu yang akan didapat anak seperti mengenal nominal uang, mengenal penjumlahan, pengurangan, yang secara tidak langsung mengenalkan matematika dasar kepada anak”, ujar Wiwi saat memantau aktivitas anak saat market day.

BACA JUGA Diskominfo Gandeng Influencer di Program Kehumasan

Kegiatan market day sering dilakukan dipenghujung semester. TK Islam Fatmawati berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan banyak kreativitas dan menumbuhkan jiwa wirausaha anak-anak. “ Semoga kegiatan ini dapat terus dikembangkan karena selain respon yang luar biasa baik dari anak-anak maupun orangtua, manfaatnya pun sangat banyak bagi perkembangan anak usia dini”, lanjut Wiwi. 

**Eliyani [ MG/UIK-Jb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here