28.2 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Sudah Sepekan, Jembatan Urug Dibangun

JURNAL INSPIRASI – Pembangunan jembatan Urug Desa Urug Kecamatan Sukajaya ke jalur Kampung Nangela, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor kini masih berjalan dan sudah memasuki satu pekan.

Jembatan yang ambruk diterjang banjir bandang aliran sungai Cidurian beberapa waktu lalu itu menjadi salah satu akses vital bagi warga kedua desa.

“Jembatan ini akses satu satunya terutama bagi warga Kampung Urug,” ujar Kepala Desa Urug Sukarma, saat dihubungi Jurnal Bogor, kemarin.

Sukarma menyebut awal dibangun jembatan Urug di tahun 2019, setelah itu jembatan terputus lantaran ambruk diterjang banjir bandang.

Kendati demikian secara teknis, kata Sukarma, pelaksana perbaikan jembatan itu, yakni pihak Pemerintah Desa Nanggung yang melaksanakan.

BACA JUGA IndiHome Resmi Jalin Kerja Sama dengan MNC Group

“Memang tidak lepas koordinasi dengan Desa Urug,  tetapi pada pelaksana untuk  pengerjaannya dilimpahkan ke Desa Nanggung,” ungkap Sukarma.

Perbaikan jembatan yang dibantu pihak PT Antam dan PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (PMI) diharapkan selesai maksimal, sehingga masyarakat di dua desa bisa memanfaatkan jalur itu tanpa harus memutar dengan jarak yang cukup jauh.

Sebelumnya disebutkan anggota DPRD Kabupaten Bogor Nurodin berkolaborasi dengan PT Antam Pongkor dan PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (PMI) serta kedua Pemerintah Desa Urug dan Nanggung untuk  berupaya melakukan perbaikan jembatan tersebut.

Diketahui, untuk pembangunan jembatan Pemerintah Desa sudah mengucurkan anggaran sebesar Rp 63 juta. Namun  setelah komunikasi pihak desa bahwa anggaran APBDes untuk pembangunan jembatan anggaran tersebut tidak begitu mencukupi.

“Bantuan datang dari perusahaan PT Antam Pongkor dan PT Petrodrill Manufaktur Indonesia. Perbaikan pembatan tersebut bukan hanya dilihat dari objeknya saja, tetapi pemanafaatannya untuk kepentingan sangat luas,” tandasnya.

**Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles