Wujudkan Desa Sehat, FKDS Cibungbulang Dikukuhkan

0
FKDS Cibungbulang

JURNAL INSPIRASI – Forum Komunikasi Desa Sehat (FKDS) tingkat Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor dikukuhkan. Pasalnya masih banyak warga desa di wilayah Kecamatan Cibungbulang yang masih melakukan pola hidup tidak sehat. Tentunya dengan pengukuhan ini diharapkan bisa memecahkan persoalan kesehatan tersebut.

Ketua FKDS Kecamatan Cibungbulang Agus Sutardi mengatakan, guna mewujudkan Desa Sehat dan kecamatan sehat pihaknya mendorong Pancakarsa Bogor Sehat.

“Di tahun 2023 – 2024 sudah bebas dari Open Defecation Free (ODF) atau Buang Air Besar Sembarangan (BABS) jadi Kecamatan Cibungbulang diindikasikan ada lima desa yang masih BABS,” ungkapnya, Selasa (21/12).

BACA JUGA Andalkan Perkebunan, Desa Setu Rintis Jadi Desa Wisata

Ia menjelaskan, ada sekitar 5 desa yang memiliki taraf hidup yang tidak sehat di lingkungan desa. “Lima desa yang kurang sehat antara lain Desa Situ Udik, Situ Ilir, Cemplang, Cibatok 1 dan Desa Ciaruteun Udik. Jadi kita akan membuat lima desa tersebut agar menjadi Desa Sehat di Kecamatan Cibungbulang,” jelasnya.

Menurut Agus, pihaknya akan terus mendata terhadap lima desa tersebut lantaran masih banyaknya rumah warga yang tidak memiliki septictank.

“Kami akan mendata dan mengarahkan di satu desa di lima desa yang menjadi target percontohan berapa rumah yang tidak mempunyai septictank agar membuatnya dan warga disana masih banyak buang air besarnya di sungai,” bebernya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa instansi salah satunya dari Satgas Bogor Sehat.

BACA JUGA Hari Ibu, Srikandi Cihud Tanam 1000 Pohon

“Kita akan kordinasi dengan pemerintah desa untuk dibuatkan MCK dan kemungkinan kita juga akan mengajukan ke Kabupaten Bogor Satgas Bogor Sehat, jadi walaupun rumahnya bagus tetapi masih ada septictank dibuang ke sungai didata dan diberi arahan untuk membuat septictank diharapkan lima desa ini menjadi desa percontohan Desa sehat,” paparnya.

Tentunya dengan ada gagasan seperti ini bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat agar menjaga hidup sehat.

“Dengan adanya forum Kecamatan sehat Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa menjadi Bogor Sehat kami sangat mendukung program ini,” pungkasnya.

**andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here