29.5 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Tim Lesson Study UNIMUS Gelar Safari LSLC se-Karesidenan Banyumas

JURNAL INSPIRASI – Tim Lesson Study (LS) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melaksanakan Safari Lesson Study for Learning Community (LSLC) terkait penulisan artikel dan Hak Kekayaan Intelektual se – karesidenan Banyumas pada hari ketiga pada Senin, 21 Dessember 2021, di SMA Muhammadiyah Purpalingga, Jawa tengah.

“Ada enam sekolah Muhammadiyah yang tergabung dalam tim Lesson study sekarasidenan Banyumas,” kata Ketua Tim Lesson Study, Dr. Eni Winaryati, M.Pd kepada media, Rabu (22/21/2021).

Menurut Eni, sekolah peserta LS untuk hari ketiga ini adalah SMP Muhammadiyah 1 Plus Cilacap, SMP Muhammadiyah 2 Plus Cilacap, SD Muhammadiyah 1 Cilacap, SMA Muhammadiyah Purbalingga, SMK Muhammadiyah Banjarnegara, dan SMA Muhammadiyah Purwokerto.

“Adapun tim pendamping dari UNIMUS, selain saya juga ada rekan saya pak Safuan, M.Kom, Dr. Dodo Mulyadi, M.Pd, dan beberapa mahasiswa,” jelasnya.

Eni menjelaskan, agenda kegiatan lebih menitikberatkan pada pendampingan artikel ilmiah dan penyusunan serta pengajuan HKI. Kegiatan secara offline dimaksudkan untuk menghasilkan pendampingan  yang lebih maksimal. Kegiatan pendampingan direspon sangat positif oleh seluruh sekolah di wilayah karasidenan Banyumas.

“Beberapa sekolah telah siap dengan produk yang akan di-HKI-kan. Demikian pula artikel yang akan dipublish pada jurnal guru,” ungkapnya.

Untuk itu, melalui pendampingan penulisan artikel ini, Eni mengharapkan para  guru akan terbiasa,  terlatih dan mendorong guru dalam menulis  artikel ilmiah. Pendampingan penyusunan dan penguruan HKI ini dilaksanakan dengan harapan dapat memunculkan kesadaran bahwa HKI sangat penting.

“Seluruh peserta telah melakukan komitmen kapan harus dikumpulkan. Kesepakatan ini sangat penting, agar masing-masing guru memiliki tanggungjawab secara kolektif untuk mentaati kesepaakatan ini,” imbuhnya.

Selain itu Dr Eni Winaryati menambahkan, bahwa kegiatan pendampingan di SMA Muhammadiyah Purbalingga ini, disambut sangat baik oleh kepala sekolah Fauzi Nur Akhadi, S.Pd, karena  mendampingi sampai kegiatan berakhir hingga sore hari.

“Beliau pak Fauzi ini menyambut sangat baik kegiatan pendampingan lesson study ini, dan siap memperluas kegiatan LS pada sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Purbalingga. Semangat ini, sangat menginspirasi tim untuk bekerja  lebih baik lagi,” tuturnya.

Lebih jauh Eni menjelaskan, luaran artikel ilmiah dan HKI tidaklah serta merta ada tanpa diawali dari aktiviytas lesson study. Tim LS pada setiap sekolah Muhammadiyah telah mengawali dengan menyusun lesson design dan chapter design secara kolaboratif sebagai kegiatan pada tahap PLAN.

“Tahap DO dilaksanakan pada saat guru model melakukan pembelajaran di kelas, dan guru lain bersama kepala sekolah menjadi observer,” ujarnya.

Lebih lanjut Eni mengatakan, ketika mengobservasi pembelajaran, observer akan mengamati dengan mencatat atau mevideo aktivitas siswa. Melalui pengamatan pada siswa, akan diperoleh banyak data yang dapat digunakan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

“Kegiatan refleksi dilakukan oleh seluruh tim, dimana masing-masing observer akan  menyampaikan hasil temuannya di lapangan sebagai hasil dari observasi yang dilakukannya,” bebernya.

Dari kegiatan LS ini dihasilkan banyak produk pembelajaran selama pelaksanaan LS di sejumlah sekolah dilingkungan Muhammaddiyah. “Diantaranya produk video pembelajaran, artikel ilmiah, metode pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran, modul, produk pembelajaran,  pola pembelajaran,” terang Eni.

**nay nur’ain-pr

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles