Jelang Nataru, UPT Pengelolaan Sampah 2 Jonggol Siagakan Petugas Kebersihan

0
Eming Sutisna

JURNAL INSPIRASI – UPT Pengelolaan Sampah 2 Jonggol  menyiagakan  kurang lebih 35 petugas kebersihan menjelang malam Natal, 25 Desember 2021 dan pergantian Tahun Baru 2022 (nataru) untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Namun, peran serta masyarakat menjaga kebersihan tetap sangat penting.

Kasubag TU UPT PS 2 Jonggol, Eming Sutisna menjelaskan, para petugas kebersihan tersebut ditempatkan di lokasi-lokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat, seperti  Alun-alun Jonggol, lapangan Per Citra Indah Jonggol,  Flyover Cileungsi dan di sepanjang jalan  Transyogi. Petugas disiagakan untuk antisipasi munculnya sampah pada nataru.

“Mulai dari sekarang petugas kebersihan tersebut disiagakan di beberapa titik untuk bisa segera menangani bertambahnya sampah akibat keramaian masyarakat pada Natal dan malam tahun baru, Sehingga pelayanan masalah penanganan sampah keesokan harinya” bisa normal,” tuturnya, Kamis (22/12).

BACA JUGA Hari Ibu, Srikandi Cihud Tanam 1000 Pohon

Menurutnya, petugas kebersihan itu juga disiagakan di beberapa titik di kecamatan, yang terdapat pelayanan kebersihan lingkungan, bila pada hari – hari  biasa rata-rata menangani 50 kubik sampah setiap harinya, namun biasanya akan terjadi peningkatan volume sampah hingga 10 sampai 12 persen saat ada keramaian masyarakat.

“Selain petugas kebersihan, UPT menyiagakan 5 armada dump truck dan 12 kendaraan bahkan petugas di tempat pengelolaan akhir (TPA) juga disiagakan, sehingga bisa menangani sampah yang harus segera masuk TPA,” paparnya.

Menurutnya, di kawasan publik, seperti alun-alun, ada tambahan tempat sampah. Ada sekitar 10 tempat sampah tambahan. Juga menyiagakan tempat sampah mobiling, sehingga terjadinya penumpukan sampah saat even masyarakat dapat segera tertangani. Terkait pembersihan sampah akibat keramaian masyarakat pada malam tahun baru.

BACA JUGA Pembangunan Masjid Agung Molor Lagi

“Kami  merencanakan pembersihan pada pukul 01.00 atau 02.00, atau tidak lama setelah puncak perayaan tahun baru pukul 00.00. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar perayaan tahun baru 2022 tetap menjaga prokes dan  kebersihan, buang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan,” ujarnya.

Dia selalu membuka ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya-upaya pengurangan sampah. Seperti mengurangi penggunaan barang-barang konsumsi dengan kemasan sekali pakai.

Eming berharap masyarakat merayakan tahun baru juga dengan tidak menambah jumlah sampah, karena sangat berarti bagi menjaga kebersihan lingkungan.

**nay/ramses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here