30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Jelang Nataru, Pemcam Cijeruk Lakukan Pendataan dan Bentuk Tim Gabungan

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cijeruk, Kabupaten Bogor, melakukan pendataan sejumlah villa, resort maupun wisma yang ada di setiap desa. Pendataan itu dilakukan, untuk persiapan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Camat Cijeruk, Bangun Sapta Siswa mengungkapkan, pendataan potensi wilayah yang ada di setiap desa, perlu dilakukan menjelang Nataru, baik itu villa, wisma hingga resort.

“Kalau hotel di wilayah Cijeruk ini tidak ada. Jadi ketiga tempat yang biasa disewakan itu, kami lakukan pendataan bekerjasama dengan desa,” ujarnya kepada wartawan.

BACA JUGA Alokasi Samisade, Ketakutan Warga Loji Diketahui Kades

Selain mendata, mantan ajudan era Bupati Bogor, Rachmat Yasin tersebut mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim gabungan untuk memantau wilayah saat Nataru. Tim yang dibentuk itu beranggotakan, mulai dari Babinsa, Babinmas, Satpol PP, staf kecamatan dan juga Satgas Covid-19.

“Saya juga berikan himbauan kepada masyarakat. Himbauan itu berdasarkan surat edaran Bupati Bogor,” ungkapnya.

Sesuai surat edaran Bupati Bogor, tingkat hunian wisma, villa dan resort harus 50 persen dari jumlah kamar yang tersedia. Dan untuk melaksanakan surat edaran itu, nantinya tim yang sudah dibentuk akan memantau tingkat okupansi baik yang ada di villa, wisma, resort dan tempat wisata lainnya yang ada di wilayah Cijeruk.

 “Karena di Cijeruk tidak ada gereja, saya rasa tidak ada perayaan Natal disini. Tapi untuk mengantisipasi, kami hanya akan melakukan pengecekan saja ke wisma, villa dan resort,” kata Camat Cijeruk.

BACA JUGA Wujudkan Desa Sehat, FKDS Cibungbulang Dikukuhkan

Untuk tahun baru, sambung Bangun, para kepala desa (Kades) yang di wilayahnya terdapat potensi, seperti villa, wisma dan resort, sudah dikumpulkan dan dilaksanakan rapat. Adapun pembahasan dalam rapat, lebih kepada penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan melaksanakan ketertiban umum untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19.

“Di Kecamatan Cijeruk ada lima desa yang terdapat tempat-tempat seperti itu, yakni Desa Cibalung, Sukaharja, Cipelang, Tajurhalang dan Tanjungsari,” paparnya.

Bangun menghimbau, saat perayaan Nataru para pemilik atau pengelola wisma, villa dan resort agar menerapkan pembatasan pengunjung untuk menghindari kerumunan dengan  maksimal 50 orang dari kapasitas yang ada.

“Saya sudah sebar himbaun tersebut ke seluruh pengelola villa, resort dan wisma. Dan saya minta himbauan ini dapat dilaksanakan dan ditaati oleh semuanya,” tegasnya.

BACA JUGA Andalkan Perkebunan, Desa Setu Rintis Jadi Desa Wisata

Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Cijeruk, Rusyadi menyatakan, pendataan dan juga himbauan sudah dilakukan para kades untuk mempermudah pelaksanaan pengawasan saat Nataru.

“Kami kades yang ada di Kecamatan Cijeruk, telah mendata semua potensi yang ada di wilayah. Termasuk surat edaran bupati untuk membatasi jumlah pengunjung hanya 50 persen, sudah kami sampaikan kepada semua pengelola villa, resort maupun wisma,” tukas Kades Cibalung itu.

**deni pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles