Disperumkim Ubah Lafadz Basmalah yang Salah Penulisan

0

JURNAL INSPIRASI – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor akhirnya mengubah lafadz Basmalah yang ada di prasasti Alun-Alun ‘Kota Hujan’ yang salah penulisan, setelah sebelumnya viral di media sosial.

Kepala Disperumkim Kota Bogor, Juniarti Estiningsih mengatakan bahwa saat ini prasasti tersebut sedang dalam proses perbaikan.

Menurut dia, lantaran ada kesalahan penulisan Lafadz Basmalah, maka semuanya sekaligus diganti.

“Ya, itu kesalahan dari vendornya atau pembuatnya, nanti mereka yang mengganti. sedang dalam proses perbaikan,” imbuhnya.

BACA JUGA PCNU Kota Bogor Hadiri Muktamar NU ke-34 di Lampung

Menanggapi hal itu, Ketua Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Jawa Barat, Hasbulloh Ghazaly mengatakan bahwa pemkot sangat welcome terhadap aspirasi masyarakat, sehingga mengubah akan tulisan dalam prasasti itu.

“Kami hanya bisa mengingatkan, apabila melakukan pekerjaan menggunakan uang rakyat agar dikerjakan dengan hati-hati dan berkualitas,” ucapnya.

Kata dia, prasasti di alun-alun dapat dimaknai sebagai simbol menyatunya elemen penting Kota Bogor secara historis maupun modernitas.

“Alun-alun juga terkoneksi simbol sejarah, yakni Stasiun Bogor yang dibangun zaman kolonial, dan simbol religius, Masjid Agung serta Polresta Bogor Kota,” katanya.

BACA JUGA Elly Rachmat Yasin Tunjuk BUMN Lokomotif PEN

Sebelumnya, kesalahan penulisan Lafadz melalui cuitan Hasbulloh di media sosial. Ia menyampaikan kesalahan penulisan hingga viral.

“Selamat ulang tahun pa wali, @bimaaryasugiarto … Mohon izin pa walikota kang @bimaaryasugiarto dan pa gubernur Ridwan Kamil, dalam tulisan basmalah yang ada di tulisan tersebut menggunakan kaidah khat apa yah..? Karena biasa nya dalam khat kufi, ada konsistensi.. apabila lafadz Allah nya alif nya dipisah, maka menurut hemat saya, pada kata arrahman dan arrahiim juga huruf alif nya dimunculkan.. hatur nuhun.. semoga pa gubernur Ridwan Kamil dan pa walikota @bimaaryasugiarto sehat selalu….,” tulisnya.

** fredy kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here