Belasan Huntap tak Lama Lagi Siap Huni

0
Kepala Desa Wangunjaya Hanapi saat melihat bangunan huntap.

JURNAL INSPIRASI – Sebanyak 17 unit hunian tetap (huntap) untuk korban bencana pergerakan tanah di Kampung Suluduk, Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, tidak lama lagi akan dihuni. Konsultan pengawas PT Delta Arsitektur Persada, Inaps mengatakan, progres pembangunan huntap di Desa Wangunjaya saat ini sudah mencapai 95 persen.

“Untuk saat ini sudah 95 persen, dengan kontrak 2 bulan dalam waktu beberapa hari lagi selesai,” kata Inaps kepada Jurnal Bogor, Selasa (21/12).

Selain pelaksanaan bangunannya yang dikerjakan  sesuai  dengan gambar teknis, Inaps menyebut,  lahannya juga sudah ada penelitian sebelumnya dari pihak dinas terkait.

BACA JUGA Cijayanti Kembali Dikepung Banjir

Satu unit bangunan huntap tersebut berukuran 6×6, dengan dilengkapi dua kamar dan satu kamar mandi dengan jaringan listrik, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Sementara itu, Kepala Desa Wangunjaya Hanapi menjelaskan, pascakejadian longsor pada 2020 silam, sudah satu tahun lebih masyarakat menetap di hunian sementara (huntara) yang berdiri di fasilitas umum.

Pihak desa dengan segala upaya menghibahkan lahan untuk didirikannya huntap tersebut yang langsung ke pemerintahan daerah (pemda).

“Karena memang kondisi hunian sementara itu didirikannya di fasilitas umum dan kontraknya itu satu tahun, sehingga saya bagaimana mengejar program ini agar segera cepat terselesaikan,” ujarnya.

BACA JUGA Pemdes Pasirtanjung Hibahkan Tanah Untuk Bangun Koramil

Selain komunikasi dengan dari berbagai pihak. Konsekuensinya kepala desa yang harus menyediakan lahan karena di Desa Wangunjaya tidak ada tanah negara.

“Jalan dan huntap ini yang dihibahkan seluas 2.360 meter. Kita melihat dari sisi kemanusiaan sehingga kita sangat perlu  membebaskan lahan ini senilai 250 juta,” jelasnya.

Menurut Hanapi, sesuai dengan visi misinya,  ingin membuat masyarakat bahagia dan tersenyum karena telah terkena musibah.

“Ini memang yang didiharapkan oleh para korban karena mereka sudah tidak punya apa-apa, tentunya mereka sangat gembira dengan selesainya huntap ini,” kata dia.

BACA JUGA Perawat Alami Pelecehan Seksual, Tersangka Driver Taksi Online

Hanapi berharap huntap tersebut dapat diresmikan oleh orang nomor satu di bumi Tegar Beriman yaitu Bupati Bogor Ade Yasin.

“Kita sudah kordinasi dengan dinas dan kecamatan akan mempersiapkan untuk kunjungan Bupati dan warga semua disini tentunya sangat menunggu kedatangannya,” pungkasnya.

**andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here