26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Pengunjung dan Pedagang Pasar Tohaga Cigombong Jadi Sasaran Vaksinasi

JURNAL INSPIRASI – Meski capaian vaksinasi di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, hingga pertengahan bulan Desember baru mencapai 70 persen, namun Plt Camat Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat tetap optimis sampai akhir bulan iniĀ  jumlah vaksinasi di wilayahnya mencapai target.

Asep Achadiat Sudrajat menegaskan, untuk mencapai target jumlah vaksinasi di wilayahnya, masih ada beberapa hari tersisa sampai ke akhir tahun 2021.

Menurutnya, sesuai perintah pimpinan saat rapat melalui zoom meeting, tiap hari target 2.159 orang per kecamatan atau 15.113 orang setiap minggunya.

BACA JUGA An-Nahl Master Chef, Bentuk Siswa Berjiwa Entrepreneur

Jika ke tingkat desa sekitar 240 orang setiap harinya atau 1.680 per minggu. “Jadi jika desa melaksanakan vaksin seminggu 2 kali, harus memperoleh warga tervaksin itu, sebanyak 840 orang sekali vaksin,” ujar Asep Achadiat Sudrajat saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (19/12).

Mantan Kepala Bidang (Kabid) GTK pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor itu mengungkapkan,

untuk waktu vaksin, dilaksanakan sesuai kondisi warga. Artinya, bisa dilaksanakan pagi, siang, sore, bahkan malam. Untuk itu, perlu ada kesepahaman semua pihak, terutama para tenaga kesehatan (Nakes).

Asep Achadiat Sudrajat menegaskan, jika Kabupaten Bogor, masih rendah, komitmen Kapolda, Pangdam, dan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kabupaten Bogor untuk memantau langsung pelaksanaan vaksinasi sampai ke tingkat RT.

BACA JUGA PAW Desa Sukajadi, Nurhayati Menang Telak

Selain giat vaksin yang sudah dijadwalkan di desa, lanjutnya, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cigombong bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Nakes Puskesmas, melaksanakan giat vaksin di tempat-tempat umum, seperti pasar, tempat-tempat strategis yang menjadi tempat kegiatan warga.

“Lebih ekstrim ada giat langsung mendatangi warga ke rumah yang belum vaksin,” tegas Asep Achadiat Sudrajat.

Plt Camat Cigombong mengaku, jikaĀ  Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Cigombong, kembali melakukan kegiatan penegakan PPKM. Kegiatan yang dipimpin oleh Kompol Sumino,Ā  Kapolsek Cigombong tersebut, bertujuan untuk memeriksa kepatuhan masyarakat dan melaksanakan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker, juga memeriksa masyarakat, apakah sudah atau belum divaksin yang dibuktikan dengan setifikat atau keterangan telah divaksin milik pengunjung pasar.

BACA JUGA Komisi 2 Akan Panggil Perumda Tohaga dan Pengelola PKL Pasar Citeureup

“Kami adakan gerai vaksinasi lapangan di Pasar Tohaga Cigombong, Kabupaten Bogor,” paparnya.

Adanya gerai vaksinasi Covid-19 kepada pedagang, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Untuk pengunjung dan pedagang pasar.  yang tidak pakai masker, diingatkan untuk selalu pakai dan yang belum divaksin, diarahkan langsung ke tempat vaksin yang sudah di siapkan petugas agar segera dilakukan vaksinasi baik pertama maupun kedua.

 “Sebelumnya para petugas memeriksa kartu vaksin Covid-19 melalui telepon genggam milik pedagang dan juga pengunjung  saat melaksanakan vaksinasi di Pasar Tohaga Cigombong,” tukas Asep Achadiat Sudrajat.

**dede suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles