27.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Lakukan Deteksi Dini Thalasemia

JURNAL INSPIRASI – Dinas Kesehatan Kabupate Bogor melakukan upaya peningkatan kapasitas tenaga puskesmas tentang deteksi dini thalasemia untuk petugas program P2PTM di Puskesmas. Upaya ini masih terus diperlukan dengan koordinasi lintas sektoral.

Sosialisasi deteksi thalassemia diikuti petugas P2PTM Puskesmas.

“Sudah ada persamaan persepsi dan sinkronisasi deteksi dini thalasemian,” ujar Kepala Seksi P2PTM KeswaOr dr. Rohjayanti dan Kepala Bidang P2P Adang Mulyana, SKM, M.Epid dalam keterangannya, Rabu (15/12).

Rohjayanti berharap dengan deteksi dini thalasemia bisa meningkatkan awareness masyarakat tentang pencegahan thalassemia. Sementara sosialisasi deteksi thalassemia diikuti petugas P2PTM Puskesmas sebanyak orang di Hotel M-One, Sukaraja pada 7 Desember 2021.

BACA JUGA Desa Tajur Buka Kampung Terisolasi

“Permasalahan penyakit thalasemia itu, kami membutuhkan dukungan semua pihak dalam upaya penanggulangan penyakit thalasemia di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Perlu diketahui, thalasemia merupakan kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen haemoglobin dan jumlah sel darah merah yang ada di tubuh kurang dari normal.

BACA JUGA Bogor Tanpa Kantong Plastik Diganjar Penghargaan Smart Environment

Indonesia termasuk negara dengan prevalensi thalassemia mencapai sekitar 3,8 persen dari seluruh populasi Sedangkan di dan menelan pembiayaan hingga kurang lebih 2,1 T selama perode 2014 hingga September 2018 menurut Jaminan Kesehatan Nasonal.

Kabupaten Bogor berdasarkan laporan puskesmas sampai Desember 2021 jumlah penyandang thalasemia berat sebanyak 118 penderita. Sampai saat ini thalassemia belum bisa disembuhkan dan beberapa jenis diantaranya memerlukan tranfusi darah seumur hidup.

BACA JUGA Tarif Biskita Tunggu Instruksi Pusat

Namun demikian, kita dapat mencegah terjadinya thalassemia mayor dengan cara mencegah terjadinya pernikahan antar sesama pembawa sifat thalassemia, sebagai salah satu cara mendukung upaya tersebut adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat yang diikuti dengan upaya deteksi dini.

**ass/rls

                ..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles