Warga Apresiasi Pelaksana Proyek TPT Saluran Irigasi Cipaok

0
TPT saluran Cipaok 1 dan 2

JURNAL INSPIRASI – Pelaksana proyek pembuatan Tembok Penahan Tebing (TPT) saluran Cipaok 1 dan 2 yang dikerjakan CV. Bogatalla di Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, mendapat apresiasi dari warga. Sebab, adanya proyek yang bersumber dana dari APBD Kabupaten Bogor sebesar Rp.7873 juta lebih itu, membuat kondisi jalan utama yang tadinya sempit menjadi lebar.

Cecep, warga Kampung Ciherang Gede, Desa Cileungsi mengatakan, proyek pembuatan TPT yang berada dibawah ruas Jalan Citapen-Ciderum persisnya di Kampung Cipaok, sangat membantu warga terutama para pengguna jalan.

BACA JUGA Sukseskan Vaksinasi, Pemdes Caringin Terapkan Metode Jemput Bola

“Jalan alternatif milik Kabupaten Bogor, sekarang menjadi lebih lebar,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, di titik jalan yang saat ini ada pelebaran, kondisinya berada di belokan dan rawan terjadi kecelakaan, terutama saat di malam hari.

“Tidak hanya sempit, jalan yang berada di tebing ini juga belum ada tembok pembatas,” ujar Cecep.

Bukan hanya jalan, kondisi saluran irigasi yang mengaliri area sawah  warga di Desa Cileungsi, bahkan hingga ke sawah-sawah warga di Desa Ciderum Kecamatan Caringin, menjadi normal dan tidak tersumbat.

“Saluran Irigasi Cipaok, mengaliri area sawah warga Desa Cileungsi dan Ciderum. Jadi berapa hektar sawah pasokan air nya di saluran ini,” papar Cecep.

BACA JUGA Pengamanan Nataru, Kecamatan Jonggol Siagakan Personel

Kepala Desa (Kades) Cileungsi, Baban Subandi mengakui pelaksana proyek pembuatan TPT saluran irigasi yang ada di wilayahnya, melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

“Saya juga kaget saat melintas di jalan itu. Jalan yang tadinya sempit dan berada di belokan, sekarang menjadi lebar,” imbuhnya.

Sementara, pengawas jaringan irigasi wilayah Ciawi pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan, Dedi Junaedi mengungkapkan, proyek pembuatan TPT Saluran Irigasi Cipaok 1 dan 2 yang dikerjakan CV. Bogatalla, mengerjakan tiga titik kegiatan.

“Pembangunan TPT Saluran Irigasi Cipaok ada tiga titik,” katanya.

BACA JUGA Pemkab Terkesan Tebang Pilih

Dedi menjelaskan, pengerjaan pembuatan TPT yang dilaksanakan pihak ketiga, tinggal beberapa persen lagi. Dan dipastikan, pelaksanaannya sesuai dengan kontrak yakni hingga tanggal 23 September 2021.

“Sekarang saja tinggal finishing saja di pembuatan TPT saluran irigasi yang volumenya tidak terlalu panjang,” tukasnya.

**dede suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here