32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Sukseskan Vaksinasi, Pemdes Caringin Terapkan Metode Jemput Bola

JURNAL INSPIRASI – Mempercepat capaian vaksinasi massal, Pemerintah Desa (Pemdes) Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, terapkan metode jemput bola. Dalam pelaksanaannya, Pemdes Caringin memberdayakan RT, RW dan tokoh masyarakat serta unsur wilayah lainnya.

Faisal Akmali, Sekretaris Desa (Sekdes) Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor yang mengaku terbantu dengan penerapan pola jemput bola. Terlebih suksesnya vaksinasi massal di wilayah Caringin, tidak lepas dari peran serta perangkat RT, RW dan tokoh masyarakat. 

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi di desa kami sudah lebih dari target. Dan semua itu berkat kerjasama desa dengan semua unsur terkait, termasuk RT dan RW serta unsur di masing-masing wilayah dalam memberikan pengertian terhadap masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19,” ujarnya Selasa (14/12).

BACA JUGA 80 Persen Lebih Warga Desa Jonggol Sudah Divaksin

Namun begitu, lanjut dia, di lapangan masih saja ada warga yang enggan mengikuti vaksinasi dengan berbagai alasan, salah satunya karena menderita penyakit kronis. Namun kata dia, hal itu hanya segelintir saja dan lebih banyak warga yang antusias mengikuti vaksinasi.

“Kesadaran warga untuk mengikuti vaksinasi semakin bertambah. Mereka sangat memahami pentingnya vaksinasi agar terhindar dari Covid-19,” tandasnya.

Faisal menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan warga yang belum mengikuti vaksinasi di setiap wilayah yang tersebar di 30 RT di tujuh RW dan tiga dusun. Dan menurutnya dengan menyambangi langsung ke wilayah, antusias warga pun jauh lebih meningkat ketimbang melaksanakan vaksinasi di kantor desa atau titik lainnya.

BACA JUGA Desa Tajur Buka Kampung Terisolasi

“Ya warga lebih antusias didatangi langsung daripada harus datang ke lokasi vaksinasi di luar lingkungan mereka. Alasannya ya jarak, transportasi dan waktu,” jelasnya seraya menyebutkan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya susah lebih dari 70 persen.

Pihaknya juga mengimbau warga yang belum di vaksin segera mengikuti vaksinasi massal agar lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas. “Ya segera di vaksin, karena selain menambah imun, kita pun bisa lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas seperti berpergian ke luar wilayah atau pusat perbelanjaan,” tukasnya.

**dede suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles