Siap Jadi Tuan Rumah FORNAS 2023, Usep Supratman Minta Syarat Penting Ini

0

JURNAL INSPIRASI – Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Bogor, H Usep Supratman mengusulkan Kabupaten Bogor, jadi tuan rumah pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII Tahun 2023 mendatang.

Bahkan pernyataan itu langsung disampaikan H Usep Supratman pada saat acara final lomba Senam Pancakarsa dan Festival Olahraga Tradisional (Ortrad) 2021 yang dihadiri Bupati Bogor Hj Ade Yasin, Ketua Umum Kormi Pusat, Hayono Isman, Ketua Umum Kormi Jawa Barat Denda Alamsyah, peserta dan tamu undangan lainnya di lapangan utama Stadion Pakansari Cibinong, akhir pekan kemarin.

“Kabupaten Bogor siap jadi tuan rumah Fornas VII 2023. Asalkan dalam pelaksanaannya kami mendapatkan dukungan dari Bupati Ade Yasin dan juga Kormi Pusat,” kata H Usep Supratman.

BACA JUGA Suryanto Minta Atlet Angkat Berat Tampil Maksimal di BK Porprov XIV Jabar 2021

Menanggapi hal ini Ketua Umum Kormi, Hayono Isman menyambut baik keinginan Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini Kabupaten Bogor mengajukan tuan rumah Fornas 2023 mendatang. Bahkan kata Hayono Isman, Jawa Barat termasuk Kabupaten Bogor sangat dimungkinkan menjadi tuan rumah.

“Sangat mungkin, karena Jawa Barat, termasuk Kabupaten Bogor itu secara infrastruktur olahraganya sangat siap, dan menurut hemat saya juga sudah siap menjadi tuan rumah Fornas 2023. Namun kami belum bisa memastikan, karena ada tiga Provinsi lainnya juga mengajukan tuan rumah seperti Provinsi Kalimantan Utara, Jawa Timur dan Banten, jadi perlu adanya open bidding dalam penetapan tuan rumah tersebut,” kata Hanyono Isman menjawab pertanyaan wartawan di Stadion Pakansari.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tahun 1993-1998 itu mengatakan, olahraga masyarakat ini tidak serumit olahraga prestasi, bahkan dalam pelaksanaannya dapat memanfaatkan sarana olahraga prestasi, seperti contoh Stadion Pakansari yang jadi venue fertival ortrad dan juga lomba senam Pancakarsa yang dilakukan Kormi Kabupaten Bogor.

BACA JUGA Begini Komentar Ketua Portina Terkait Kesuksesan Festival Ortrad 2021

“Tidak perlu harus membangun fasilitas olahraga yang baru, cukup kita manfaafkan fasilitas yang ada, apakah itu dilapangan terbuka atau mall. Karena beberapa induk olahraga masyarakat suka tampil di mall-mall. Jadi menurut hemat saya fleksibel olahraga masyarakat dan tradisional ini,” kata Hayono Isman menjelaskan.

H Usep Supratman

Disinggung soal kesiapan infrastruktur dari empat provinsi yang mengajukan tuan rumah Fornas 2023, dengan tenang Hayono Isman mengatakan keempat provinsi ini siap termasuk Jawa Barat. Namun dalam perjalannya saingan Jawa Barat adalah Jawa Timur. Karena Jawa Timur infrastrukturnya juga lengkap.

“Tapi itu bukan ukuran nomor satu. Karena nomor satunya adalah semangat pegiat olahraga masyarakat yang didukung oleh Pemerintah Daerah, dan jika memenuhi persyaratan Insya Allah Jawa Barat bisa jadi tuan rumah Fornas VII 2023, karena kami belum menetapkan provinsi mana yang bakal jadi tuan rumahnya,” ucapnya.

BACA JUGA Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa, Pemdes Pangkaljaya Gelar Pelatihan

Sementara Bupati Bogor, Hj Ade Yasin mengaku senang Kabupaten Bogor masuk sebagai calon tuan rumah Fornas VII 2023 setelah Sumatera Selatan yang akan digelar tahun 2022. Bahkan mengenai anggaran akan disusun atau direncanakan oleh Pengurus Kormi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor.

“Tidak ada kata tidak siap untuk¬†Kabupaten Bogor¬†menjadi tuan rumah Fornas di tahun 2023, termasuk dalam sisi dukungan akan ketersediaan anggaran. Apalagi tim cabang olahraga Kasti Kabupaten Bogor mendapat kesempatan langsung tampil di Fornas 2022, sesuai permintaan Ketum Kormi Pusat, jadi kenapa tidak kami tidak siap,” ungkap Ade Yasin.

**as.pangrango

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here