Puluhan Pohon Besar Ancam Keselamatan Pengguna Jalan

0
Jalan HR Edi Sukma

JURNAL INSPIRASI – Puluhan pohon besar yang berjejer di sepanjang Jalan HR Edi Sukma (Bocimi) Kabupaten Bogor, dikeluhkan para pengguna jalan. Mereka khawatir, jika tidak ditangani pihak terkait, pohon-pohon yang diperkirakan sudah berusia puluhan tersebut tahun itu sewaktu-waktu mengancam keselamatan para pengguna jalan.

“Beberapa minggu lalu di kawasan Talang Cimande juga ada pohon besar tumbang. Untung saja waktu itu tidak ada yang melintas, hingga tidak menimbulkan korban jiwa atau kendaraan yang rusak,” ujar Herdi, sopir angkot jurusan Bogor-Sukabumi, Senin (6/12).

BACA JUGA Bangli di Kali Cibalok, Pemdes Pandansari Terkesan Lakukan Pembiaran

Ia khawatir puluhan pohon yang umumnya jenis pohon Mahoni itu tumbang dan mencelakai pengendara atau pengguna jalan di jalur itu. Terlebih kata dia, di jalur yang dikenal rawan kecelakaan itu itu sempat terjadi persitiwa pohon tumbang yang menewaskan dua orang pengguna jalan yakni sopir dan kernet truk beberapa tahun lalu.

“Apalagi sekarang mulai musim hujan yang kadang disertai angin kencang, jelas membuat was-was pengendara,” keluhnya.

Chairul Umam, warga lainnya juga merasakan kekhawatiran serupa. Karena menurutnya tak sedikit ranting pohon di jalur tersebut patah karena kondisinya yang lapuk termakan usia. “Jelas ngeri lah, rata-rata pohon di jalur ini tuh, mulai dari kawasan Ciawi sampai ke Cigombong sudah tua dan lapuk. Dulu saja pernah ada pohon besar tumbang dan menimpa truk hingga mengakibatkan dua orang meninggal dunia,” terangnya.

BACA JUGA Pedagang Resah, Satpol PP Belum Ada Kabar Rencana Penutupan Toko Mario

Karena itu, lanjut dia, dinas terkait segera melakukan upaya pencegahan, semisal memotong bagian ranting atau dahan pohon yang sudah lapuk. “Jika perlu, pohon yang sekiranya sudah nyaris roboh dan membungkuk ke badan jalan di tebang saja daripada membahayakan,” pinta Anto Bias, warga Cigombong yang mengaku setiap hari melintas di jalur tersebut.

**deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here