Ade Yasin Resmikan Gedung BUMDes Mandiri Desa Bojong Kulur

0
Ade Yasin merresmikan gedung BUMDes Teladan Mandiri dan galeri UKM di Desa Bojong Kulur.

JURNAL INSPIRASI – Bupati Bogor, Ade Yasin merresmikan gedung BUMDes Teladan Mandiri dan galeri UKM di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Minggu (5/12/21).

Bupati Bogor mengaku bangga dengan BUMDes Bojong Kulur bisa menjadi BUMDes mandiri dan diharapkan bisa menjadi contoh dan dapat memotivasi untuk desa lainnya di Kabupaten Bogor.

Ade Yasin mengatakan bahwa menjadikan BUMDes maju merupakan salah satu program yang saat ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor menuju masyarakat desa sejahtera. Di Kabupaten Bogor jumlah BUMDes mandiri masih sedikit, se-Kabupaten Bogor baru ada 6 BUMDes yang sudah mandiri, kemudian ada 16 BUMDes maju, 63 BUMDes berkembang dan 331 BUMDes dasar.

BACA JUGA Nunggu Beton, Jalan Warung Borong Diuruk Batu

“25 BUMDes sudah memperoleh keuntungan termasuk BUMDes Bojong Kulur dengan keuntungan mencapai 100 juta, dan 18 BUMDes sudah ikut berkontribusi terhadap perekonomian desa. Jumlah tersebut masih sangat sedikit maka kita harus dorong, di Pemkab Bogor sendiri ada tim TJSL yang salah satunya mencari CSR sehingga bisa mendorong kemajuan dan kemandirian BUMDes di seluruh Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pengelola BUMDes harus kreatif dalam menggali potensi ekonomi di wilayah desanya masing-masing, baik itu pariwisata, produk lokal UMKM dan lainnya.

BACA JUGA Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa, Pemdes Pangkaljaya Gelar Pelatihan

“Harus kreatif jangan jadi BUMDes yang dibentuk terus cicing (diam), gali potensi ekonomi di masing-masing desa tidak hanya dari pariwisata saja, misalnya persampahan juga bisa melalui pengelolaan iuran sampah dikerjasamakan dengan DLH. Apapun bisa dijadikan potensi pemasukan untuk BUMDes,” tegasnya.

Menurutnya, saat ini ada BUMDes yang sudah mengelola hotel salah satunya BUMDes di Megamendung.

“Meskipun hotel yang dikelolanya tidak besar tetapi ini sesuatu yang perlu dicontoh oleh daerah lain. Termasuk BUMDes Bojong Kulur juga bisa jadi percontohan untuk daerah lain, jangan pelit membagikan ilmu dan harus terus membagikan ilmunya untuk desa-desa lain,” tandasnya.

BACA JUGA Banyak Belum Paham Tupoksi Kerja, Perangkat Desa Sadengkolot Dibina Forkompimcam Leuwisadeng

Selanjutnya, perwakilan BUMDes Bojong Kulur Rahman Gunardi menuturkan, Bumdes Bojong Kulur bergerak mengelola pasar, kerjasama dengan Samsat, jasa pengiriman, dan grosir.

“Alhamdulillah omsetnya hampir 800 juta dengan aset 1 miliar, sehingga bisa berkontribusi untuk PADes Bojong Kulur sebesar 100 juta. Mudah-mudahan ke depan omset BUMDes bisa lebih banyak lagi. Ini tidak terlepas dukungan pak Kades, pak Camat dan ibu Bupati Bogor,” tutupnya.

**nay/wisnu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here