29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Sirnagalih Gelar Sedekah Bumi untuk Lestarikan Adat

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa Sirnagalih, Jonggol, Kabupaten Bogor beserta warga menggelar sedekah bumi, Minggu (05/12). Serangkaian acara adat dipusatkan di balai desa dan tampak hadirĀ  perwakilan Kecamatan Jonggol, perangkat desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat, PKK dan Karang Taruna.

Kepala Desa Sirnagalih Ahmad Anwar  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan rutin ruwatan sedekah bumi yang dilakukan saat ini sangat berbeda karena dalam situasi dan kondisi tidak memungkinkan, sebab adanya wabah virus corona (Covid-19), namun tetap dikemas dengan tidak menghilangkan adat dan makna dari sedekah bumi ini.

ā€œMensyukuri nikmat Allah SWT, sudah selesai panen dan terbebas dari bahaya dan mala petaka demi masyarakat Desa SirnagalihĀ  khususnya aparatur desa. Kegiatan ini sudah koordinasi dengan warga, sebab sedekah bumi itu biasanya dengan pesta rakyat, namun saat ini orentasinya adalah menyelamatkan masyarakat dari wabah virus corona (Covid-19),ā€ jelasnya.

BACA JUGA Polres Bogor Amankan 10 Orang Terduga Pelaku Pencurian Kabel

Ia menambahkan, dalam acara sedekah bumi ini sekaligus kita gelar Maulid Nabi SAW kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lain serah terima bantuan ambulance, serta  pisah sambut Babinmas Desa Sirnagalih, sekaligus peresmian mushola yang ada di lingkungan desa.

“Ini merupakan tradisi yang digelar secara rutin setiap tahun, kegitannya ini juga selalu dikemas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun kali ini di masa pandemi Covid-19, tidak ada pagelaran kesenian budaya . Acara ini  tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes),” paparnya.

Dia berharap jika dengan melakukan rutinitas kegiatan tahunan ini timbul rasa kebersamaan dan kekompakan antar warga Desa Sirnagalih, juga wujud syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, keselamatan, kemakmuran, kesejahteraan, juga  panen  berlimpah, dan dijauhkan dari bencana bahaya malapetaka.

ā€œIntinya sekaligus mengenang jasa para pahlawan, leluhur pendiri DesaĀ  Sirnagalih dan doā€™a bersama, ” pungkasnya mengakhiri.

**nay/ramses

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles