Selesaikan Pembangunan TPT, Kinerja Kades Cibedug Dipuji Warga

0
Pembangunan tembok penahan tanah (TPT).

JURNAL INSPIRASI – Kinerja Kepala Desa (Kades) Cibedug, Kecamatan Ciawi, Deni Setiawan,  menjadi perbincangan warga di Kampung Cibedug Turki. Itu setalah Kades yang baru periode ini menjabat, sudah menyelesaikan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di kampung tersebut.

Endang, warga Kampung Cibedug Turki memuji kinerja kades yang baru menjabat, namun sudah melakukan pembangunan TPT yang selama ini diinginkan warga. “Saya sangat kagum dengan kades sekarang,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, pembangunan TPT yang selama ini tidak diselesaikan kades terdahulu, membuat warga satu kampung resah. Lantaran, kondisi tebing jalan setapak menuju perkampungan warga ini rawan longsor. “Lihat saja hampir sepanjang jalan setapak ini banyak bekas longsor,” ujar Endang.

BACA JUGA Pemcam Cigombong Berikan Penghargaan Kepada Anak Berprestasi

Endang mengungkapkan, kades dulu sebelum yang sekarang, hanya membangun TPT tebing sepanjang beberapa meter saja dengan ketinggian hanya sedikit. “Kades sekarang menuntaskan semua tebing dengan panjang sekitar 40 meter dan ketinggian 8 meter,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk membuat jalan setapak menjadi lebar, pembangunannya pun dilakukan penambahan, terutama dalam pelebaran jalan. “Makanya kami semua ikut membantu dalam pengurukan,” jelas Endang.

Sementara, Kades Cibedug Deni Setiawan mengatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Cibedug, sudah mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 untuk pembangunan TPT di Kampung Cibedug Turki.

Deni mengaku, di Kampung Turki ada dua titik pembangunan infrastruktur, mulai dari pembangunan TPT dan pemasangan betonnya. “Jadi TPT berikut betonnya,” imbuhnya.

BACA JUGA Kerusakan Jalan Cikereteg Meluas

Untuk membangun dua titik, sambung Deni, Pemdes Cibedug mengalokasikan anggaran DD sebesar kurang lebih 200 juta. “Selebihnya dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dan program kerja lainnya,” jelasnya.

Deni berharap, pembangunan TPT ini dapat memberikan manfaat besar terhadap warga yang ada di Kampung Cibedug Turki, terutama memperlancar aktivitas warga. “Saya harapkan juga agar ekonomi warga bisa meningkat setelah akses jalan ini dibangun,” tukasnya.

**dede suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here