Sampah Banjiri Sungai di Jasinga

0
Sampah menumpuk di Sungai Cidurian

JURNAL INSPIRASI – Tumpukan sampah membanjiri Sungai Cidurian, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Sampah itu terlihat di sepanjang aliran sungai, dan tampak sampah plastik menutup permukaan sungai tersebut.

Asep, pengguna jalan yang melewai sungai itu sangat menyayangkan melihat bantaran sungai ditumpuki sampah. Dia meminta agar Dinas Lingkungan Hidup segera menindaklanjuti.

“Sangat disayangkan melihat kondisi sungai yang dipenuhi oleh sampah, seharusnya pihak dinas terkait harus sesegera mungkin mengakut sampah jangan sampai menjadi permasalahan di kemudian hari,” ungkapnya, Selasa (30/11/2021).

BACA JUGA Pascabanjir, Dua Rumah Dekat Bendungan Kali Cisarua Nyaris Ambruk

Kepala UPT Pengolahan Sampah Wilayah VII Muhamad Ridwan mengatakan, sudah kesekian kalinya sungai tersebut dilakukan normalisasi, namun minimnya kesadaran masyarakat yang tetap membuang sampah ke sungai.

“Kita mau opnam lagi ini bawa armada, soal sampah di aliran sungai tersebut bukan kali pertama kita normalisasi, sudah kesekian kalinya. Kalau sampah itu kan kembali ke tingkat kesadaran masyarakat, itu kan di buang oleh warga yang lewat, sampah rumah tangga,” ujarnya.

BACA JUGA Katar Cibarengkok Dorong Perdes Larangan Buang Sampah ke Sungai

Ia menjelaskan, dengan sampah yang berserakan di Sungai Cidurian akan segera mungkin tindak lanjuti dan akan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar bantaran Sungai Cidurian.

“Pemantauannya juga harus dengan arus masyarakat juga, nanti kita akan bekerjasama dengan kecamatan dan desa untuk melakukan sosialisasi,” pungkasnya.

**Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here