Siap Jadi Warisan Dunia, 1500-an Pusaka Ada di Saung Kujang

0
Kurang lebih 1500-an koleksi pusaka dari berbagai jenis ada di Saung Pusaka.

JURNAL INSPIRASI – Angga Sulistiono S.E., M.M., CSM., CPM pendiri sekaligus pengurus komunitas pelestari budaya bernama Saung Kujang mengatakan bahwa salah satu warisan budaya kebanggaan Indonesia adalah Kujang dari Jawa Barat. Dia memiliki kurang lebih 1500-an koleksi pusaka dari berbagai jenis seperti keris dan tombak.

Tak hanya itu, Saung Kujang juga mengupayakan pusaka Kujang menjadi world heritage sebagaimana pusaka keris yang sudah lebih dulu menjadi world heritage Indonesia, dan ada sekitar 6 jenis Kujang yang akan di daftarkan.

“Kujang sedang kita ajukan juga, tapi memang variannya terbatas, paling ada 5 atau 6 varian yang kita ajukan ke UNESCO, kita dengan para budayawan ” ucapnya.

BACA JUGA Revitalisasi Jalan Margonda Dibagi Tiga segmen

Baginya, Kujang memiliki bentuk yang cukup unik, terlebih pada saat ini Kujang sudah jarang beredar di masyarakat luas. Generasi milenial akan cukup kesulitan untuk mencari informasi tentang keberadaan Kujang.

“Berbeda dengan keris-keris Jawa, temen-temen cukup ke Jawa Tengah atau Jawa Timur aja cukup bisa untuk mendapatkan itu dan bisa membelinya dalam jumlah banyak. Tapi kalo Kujang , temen-temen agak susah karena Kujang di awal abad ke-16 sudah tidak boleh muncul lagi. Pada saat runtuhnya kerajaan Padjadjaran di akhir abad ke 15,” sambunganya.

Dia juga mengharapkan warisan budaya ini tidak ditinggalkan begitu saja oleh generasi muda, oleh karena itu Saung Kujang menginisiasi program pengenalan lebih dalam tentang pusaka tersebut dimulai dari rumahnya yang menjadi tempat koleksi pusaka Kujang dan dengan terus mengupayakan terbentuknya Istana Kujang yang bisa dilihat oleh masyarakat umum nantinya.

BACA JUGA Korban Rumah Ambruk di Desa Pandansari Tempati Pos Kamling

“Saat ini kita memang masih ada di rumah, makanya kita konsepnya Saung Kujang, (mengambil) prinsip kesederhanaan, (namun) dibalik itu ada artefak yang begitu luar biasa. Tapi begitu proyek ini dirintis, ini akan menjadi Istana Kujang, bukan Saung kujang lagi,” kata dia.

Istana Kujang sendiri dikonsep dengan balutan teknologi agar pembelajaran tentang pusaka dan budaya Indonesia dapat dinikmati seiring berkembangnya zaman.

“Konsep Istana Kujang itu juga jauh dari perkiraan orang, karena kita akan membuat sesuatu yang modern, mewah, seperti itu. Di situ nanti konsepnya juga digital, kalau biasa ke museum itu ada sejarahnya, perbuatannya dan segala macem, nanti kita juga akan membuat seperti itu tapi dalam bentuk QR Code,” lanjutnya dengan antusias.

BACA JUGA Nurodin Dorong Wilayah Terisolasi Jaringan Telekomunikasi Segera Dibangun

Pihak Saung Kujang sendiri berharap bahwa tidak hanya bentuk fisik yang dilestarikan, namun juga sejarah dari Kujang itu sendiri.

“Karena kalo di Jawa sana Keris itu jadi kurikulum (di sekolah) jadi mereka mengenal dekat Keris. Bagi mereka Keris itu bukan sesuatu yang aneh. Inilah kesempatan kita mungkin nanti memperkenalkan, mungkin lewat kurikulum,” harap Dosen Biokewirausahaan STIE Kesatuan Bogor.

**mutiara latifa maulidinata/mg-uika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here