32.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Pendewasaan Usia Perkawinan Penting Optimalkan Masa Remaja

JURNAL INSPIRASI – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor menyosialisasikan bimbingan perkawinan bagi remaja di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Generasi Mandiri dengan memperkenalkan pentingnya Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), baru-baru ini.

Penyuluh KB Kecamatan Gunung Putri Erna menjelaskan bahwa remaja adalah cikal bakal pelaku pembangunan di masa mendatang.

“Untuk pengoptimalisasian masa remaja dengan tepat, maka diperlukan pengembangan karakter, lifeskill, pendewasaan usia perkawinan (PUP) dan kesehatan reproduksi,” ucapnya.

BACA JUGA: H.Amir Arsyad: Buat Akta Kelahiran dan KIA Datang Saja ke Desa

Erna menjelaskan, remaja difasilitasi, salah satu wadahnya yaitu Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) karena kurangnya perencanaan mengakibatkan risiko yang dialami remaja.

“Seperti perilaku menyimpang , seks bebas, pernikahan dini, pengguna napza. Terutama dalam perkawinan tanpa perencanaan,” kata dia.

Untuk itu, Erna berharap dengan diadakannya sosialisasi dan bimbingan ini bisa berdampak pada berkurangnya kasus – kasus KDRT, perceraian maupun kelahiran stunting nantinya.

BACA JUGA: Kukuh Sri Widodo Minta Sentul City Segera Selesaikan Ruslah Tanah di Desa Bojong Koneng

Di lokasi yang sama, Ketua PIK-R Kecamatan Gunung Putri, Rara Challifah,  juga turut  memberikan motivasi kepada siswa – siswi SMK Generasi Mandiri agar remaja mempersiapkan masa depannya.

“PIK-R juga terdapat materi PUP dengan adanya dorongan dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar akan membantu dalam proses pendewasaan remaja. Kami generasi berencana siap menjadi remaja berkualitas,” ungkapnya.

**naynur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles