26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Gerhana Bulan Sebagian Pecahkan Rekor Terlama Abad Ini

JURNAL INSPIRASI – Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi di belahan dunia pada Jumat (19/11/2021), juga masih bisa diamati di Indonesia pada hari ini, Sabtu 20 November 2021. Gerhana ini merupakan yang terlama. Rekor total durasinya selama 6 jam 1 menit 29 detik. “Gerhana dengan total durasi terpanjang selama hampir enam abad,” kata Nurkholis Majid, penggiat astronomi di komunitas Bogor.

Gerhana Bulan Sebagian nanti tercatat yang paling lama waktunya, terhitung sejak 18 Februari 1440. Dari situs Langitnya, gerhana bulan sebagian yang durasi total gerhananya setara baru akan terjadi pada 30 November 2039. Durasi saat itu pun masih akan sedikit lebih pendek daripada 2021. “Gerhana 2039 itu 1,4 menit lebih cepat dibanding yang sekarang,” katanya.

BACA JUGA: Pergeseran Tanah Lagi, 7 Rumah di Nanggung Alami Kerusakan

Adapun rekor baru waktu terpanjang Gerhana Bulan Sebagian baru akan pecah pada 8 Februari 2669. Panjang waktunya telah bisa diperhitungkan dua menit melebihi yang sekarang.

Gerhana Bulan Sebagian merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Gerhana Bulan Sebagian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke umbra (bayangan utama) bumi. “Obskurasi atau permukaan bulan yang berada dalam bayang-bayang Bumi mencapai 99,1 persen,” ujar Majid.

BACA JUGA: Komisi III Kecewa Proyek Pembangunan Infrastruktur Dikerjakan Akhir Tahun

Dengan kata lain, menurutnya, hampir seluruh permukaan bulan akan berada dalam umbra selama 3 jam 28 menit 23 detik. Saat itu, bulan yang tertutupi bayangan bumi bisa jadi akan terlihat kemerahan. Namun soal warna, akan dipengaruhi banyak faktor seperti cakupan awan di bumi, kondisi polusi di atmosfer.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) punya catatan yang agak berbeda. Total durasi gerhana dari awal sampai akhir selama 6 jam 5 menit 7 detik. Adapun lama waktu dari mulai fase Gerhana Bulan Sebagian hingga akhir selama 3 jam 29 menit 1 detik.

**ahmadsolehudin/mg-uika

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles