Bank Kota Bogor Tingkatkan Kompetensi Sertifikasi Ahli Pembangun Integritas

0
Bambang Sulistyo, SP, CCFA, CI telah mengikuti Uji Kompetensi sebagai Ahli Pembangun Integritas yang diselenggraakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) KPK.

JURNAL INSPIRASI – Dalam upaya mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) yang baik serta menanamkan budaya integritas, Perumda BPR Bank Kota Bogor melakukan peningkatan kompetensi  Sertifikasi  Ahli Pembangun Integritas pada personelnya.

Sektor perbankan memang sangat rawan bersentuhan dengan aktivitas Fraud (kecurangan) terutama tindak pidana korupsi karena memiliki fungsi utama sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat.

BACA JUGA: Geliat Membangun di Bojongkerta

Fraud terutama yang terkait dengan tindak pidana korupsi adalah musuh bersama yang harus diperangi. Perumda BPR Bank Kota Bogor  saat ini terus melakukan budaya Good Coprrate Governance (GCG) sebagai upaya nyata untuk mengantisipasi korupsi. Praktik GCG salah satunya diterapkan dengan cara membuat penyesuaian struktur organisasi berdasarkan kompleksitas usaha BPR, menetapkan ketentuan-ketentuan atau kebijakan internal, serta mempersiapkan sumber daya manusia kompeten.

Dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang kompeten, Perumda BPR Bank Kota Bogor telah memiliki SDM yang terkompetensi dalam penegakan anti Fraud dan membangun Integritas di lingkungan Perumda BPR Bank Kota Bogor.

BACA JUGA: Sidak Proyek Irigasi, Achmad Fathoni: Kontraktor Gak Bisa Bener Ganti Aja !

Pada hari Selasa, 16 November 2021 Kepala Satuan Kerja Audit Internal (SKAI) yaitu Bambang Sulistyo, SP, CCFA, CI  telah mengikuti Uji Kompetensi sebagai  Ahli Pembangun Integritas yang diselenggraakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) KPK. Berdasarkan hasil Uji Kompetensi tersebut Bambang dinyatakan lulus dan kompeten sebagai Ahli Pembangun Integritas sebagai perpanjangan tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam membangun sistem dan budaya Integritas serta antikorupsi di lingkungan Perumda BPR Bank Kota Bogor.

Ahli Pembangun Integritas adalah personil bersertifikasi yang kompeten membangun sistem integritas yang berstandar nasional dalam upaya pemberantasan korupsi pada instansi pemerintah, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan memiliki kompetensi ini, para Ahli Pembangun integritas ini akan menjadi focal point dan perpanjangan tangan KPK dalam upaya perbaikan sistem dan implementasi sistem pencegahan korupsi di sektor dunia usaha.

BACA JUGA: Ancam Demo Bupati dan Ketua Dewan

Dengan telah adanya personel yang tersertifikasi Ahli Pembangun Integritas (API) dari KPK di Perumda BPR Bank Kota Bogor, diharapkan akan mewujudkan Bank Kota Bogor sebagai Lembaga Keuangan yang kredibel dalam menerapkan tata kelola yang baik serta meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Bank Kota Bogor.

Bersama Kita Tegakkan Tegakkan Integritas dan Bangun budaya Antikorupsi !

**prast/rls

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here