29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Aksi Kemanusiaan, PMI Kecamatan Cijeruk Siapkan 100 Kantong

JURNAL INSPIRASI – Sebanyak 100 kantong darah sudah disiapkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, saat kegiatan donor darah di Gelanggang Olahraga (GOR) Cijeruk, Selasa (16/11). Aksi sosial yang dilakukan PMI Kecamatan Cijeruk itu, sebagai rangkaian memperingati HUT Korpri.

Ketua PMI Kecamatan Cijeruk, Suhanda mengatakan, kegiatan donor darah ini baru kali pertama dilaksanakan pasca pandemi Covid-19 di tahun 2021. Padahal, sebelum terjadinya covid, donor darah sering dilakukan pihaknya.

 “Sebetulnya kegiatan donor darah ini sudah lama kami ajukan ke pemerintah kecamatan dan PMI Kabupaten Bogor, tapi mengingat masih pandemi akhirnya baru sekarang terlaksana,” ungkapnya kepada wartawan.

BACA JUGA: Warga Curug Dihantui Banjir dan Longsor. Ini yang Dilakukan Kepala Desa Anton

Menurutnya, aksi sosial yang dilaksanakan nya itu, bagian dari rangkaian HUT Korpri dan sekaligus adanya kegiatan reses sidang pertama anggota DPRD Kabupaten Bogor masa sidang 2021-2022 untuk daerah pemilihan (Dapil) 3.

 “Karena sekalian kami juga berikan penghargaan kepada pendonor yang sudah 22 kali ikut mendonorkan darahnya disaksikan para anggota dewan,” ujar Suhanda.

Suhanda mengungkapkan, untuk informasi atau sosialisasi kegiatan donor darah, sudah dilakukan jauh hari persisnya satu bulan lalu, baik kepada para kepala desa, lembaga pendidikan, unsur kepemudaan, mulai dari KNPI, Karang Taruna dan lainnya.

BACA JUGA: Para Kades di Cibungbulang Keluhkan Beban Vaksinasi Saat Reses Anggota Dewan

Suhanda mengaku tidak menargetkan jumlah kantong darah yang bisa dibawa ke bank darah PMI Kabupaten Bogor. Namun, di kegiatan donor darah kali ini, PMI Kabupaten Bogor telah menyiapkan 100 kantong darah.

 “Saya optimis 100 kantong darah bisa didapat,” paparnya.

Rasa optimis Suhanda, lantaran setiap kali mengadakan aksi kemanusiaan dengan melakukan donor darah, animo masyarakat sangat tinggi untuk ikut menyumbang kan darahnya.

 “Dulu saja kalau kami mengadakan donor darah, peserta yang ikut mendaftar sampai berjumlah 350 orang. Walaupun yang lolos dan bisa diambil darahnya hanya 100 kantong,” jelasnya.

BACA JUGA: Baru Tersentuh Pembangunan, Cigudeg Gunakan Samisade Bangun Jalan di Pelosok Kampung

Sementara, Saefuloh, warga Desa Cijeruk mengungkapkan, kegiatan donor darah ini, sangat bermanfaat buat masyarakat. Karena, masyarakat bisa mendonorkan darahnya untuk membantu yang membutuhkan.

 “Aksi kemanusiaan seperti ini harus terus dilakukan. Agar bank darah di PMI tidak kehabisan stok. Kasihan kalau ada yang butuh darah, stok darahnya habis,” tukasnya.

**dedesuhendar/denipratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles