30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Ciburayut Sediakan Pelayanan Ambulance Gratis

JURNAL INSPIRASI – Untuk memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan, khususnya kendaraan roda empat untuk mengantar orang sakit, baik ke Puskesmas ataupun Rumah Sakit, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menyediakan ambulance untuk warga.

Pengadaan ambulance itu hasil musyawarah antara Pemdes dengan lembaga desa dengan anggaran menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021.

“Pengadaan kendaraan ambulance ini sangat penting, karena sebelumnya warga yang membutuhkan kendaraan untuk mengantar orang sakit harus meminjam terlebih dahulu ke desa Lain. Oleh sebab itu hasil musyawarah antara Pemdes, BPD, LPM, serta tokoh masyarakat maka DD tahun anggaran 2021 diperuntukan pengadaan mobil ambulance. Kini Pemdes memiliki dua kendaraan, satu kendaraan untuk Desa Siaga, dan satu lagi ambulance,” papar Dulloh, Kades Ciburayut.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Caringin Desak Pemkab Bogor Tutup Toko Mario

Dua mobil tersebut kegunaannya antra lain, untuk mobil siaga diperuntukan bagi pegawai desa, operasional keperluan rapat, seperti ke kecamatan ataupun ke kabupaten dan kendaraan ambulance tetap siaga 24 jam di kantor Desa. Untuk sopir ambulance  telah mendapat surat keputusan kepala desa, sehingga tidak dapat digantikan oleh siapapun, dan mengenai honornya telah dianggarkan.

“Kendaraan ambulance ini siaga 24 jam di kantor desa. Terkait pemberitahuan kendaraan ambulan semua itu sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Apabila membutuhkan ambulance, silakan ke sopirnya langsung, dan nomor kontaknya kita sudah berikan melalui RT. Sopir sudah kita wanti-wanti agar tidak meminta uang terhadap masyarakat. Saya tekankan ke masyarakat kendaraan ambulance digunakan secara gratis,” jelasnya.

BACA JUGA: Sistem Zonasi Menyusahkan Warga

Dia berharap agar ambulance ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat dan Pemdes Ciburayut akan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi warganya.

“Saya berikan pelayanan yang terbaik bagi warga masyarakat dari pelayanan adminitrasi, infrastruktur, sampai kesehatan. Semua itu agar adanya perubahan yang terbaik bagi masyarakat dan saya berharap ambulance ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu,” pungkasnya.

**denipratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles