Desak Seleksi Bos PDJT Diulang

0
Rusli Prihatevy

Dewan Minta Lima Peserta tak Diloloskan

JURNAL INSPIRASI – Seleksi pimpinan Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor masih berlangsung. Hingga kini terdapat lima orang nama yang sudah lolos seleksi administrasi dan akan mengikuti seleksi Uji Kelayakan Kepatutan (UKK).

Namun, seleksi yang berlangsung ini mendapatkan sorotan tajam dari Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor Rusli Prihatevy.

Menurut Rusli, dari lima orang yang lolos tidak ada yang memiliki kelayakan untuk memimpin PDJT kedepannya. Hal itu dikarenakan tidak ada calon direksi yang memiliki latar belakang ahli dalam bidang transportasi.

BACA JUGA: Kejari Tegaskan tak Ada LO Bagi PDJT

“Perlu digarisbawahi dalam menetapkan ini (Direktur PDJT) kiranya harus mempunyai dasar atas latar belakang bidang trasportasi, ini paling penting. Apabila tidak ada yang memiliki dasar itu, Pansel harus mangkaji ulang dan tidak gegabah dalam memutuskan,” tegas Rusli, Minggu (14/11).

Pentingnya seorang ahli bidang transportasi dalam mengelola PDJT, kata Rusli, agar kedepannya tidak ada lagi masalah-masalah yang muncul dalam pengelolaan perusahaan pelat merah ini.

Berbagai kebijakan dalam pengelolaan bus Transpakuan juga perlu dikelola oleh seorang pemimpin yang mengerti moda transportasi.

“Karena jelas PDJT hari ini tidak punya keuangan yang sehat jadi perlu nakhoda yang handal dan konsen. Tujuan direksi nanti adalah mengembalikan marwah PDJT sebagai BUMD Kota Bogor, selain memberikan kontribusi tentunya menghadirkan pelayanan yang ramah dan nyaman bagi warga,” ungkap Rusli.

BACA JUGA: RS Perluasan Covid-19 Ditutup Sementara

Dengan kondisi yang saat ini tergambarkan, Rusli menegaskan bahwa sebaiknya para peserta ini jangan ada yang diloloskan. Sehingga nantinya bisa dibuka lagi proses seleksi demi mencari calon bos Transpakuan yang lebih kompeten,” imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak lima peserta seleksi calon direktur Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) periode 2021-2025 lolos seleksi. Sementara 17 peserta lainnya gugur.

Kelima calon direktur yang dinyatakan lolos adalah Avisurjo Satyodwipo, Estu Suherman, Indra Wahyu Setiawan, Lies Permana Lestari, Rachma Nissa Fadliya.

“Ya, sekarang sudah masuk seleksi tahap dua yakni uji kelayakan dan kepatutan,” ujar Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Dody Ahdiat kepada wartawan.

BACA JUGA: Wabup Harapkan Proyek Pembangunan Wilayah Selatan Selesai Akhir Tahun

Kata dia, pada Selasa (9/11), peserta mengikuti ujian tertulis dan penulisan makalah yang dilakukan di Gedung IBI Kesatuan Jalan Rangga Gading, Kota Bogor.
Sedangkan pada Selasa (16/11) mendatang dijadwalkan untuk mengikuti presentasi makalah dan wawancara di Gedung Pasabean Naraya Balaikota Bogor. “Tapi waktu dan tempat masih bisa berubah,” ucap Dody.

Ia menjelaskan, seleksi Calon Direktur PDJT periode 2021-2026 dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan tim tim pansel. Sehingga tidak perpanjangan waktu yang diberikan oleh pansel.

**fredykristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here