Terima Banprov, Pemdes Parakanmuncang Renovasi 20 RTLH

0
Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung di renovasi.

JURNAL INSPIRASI – Sebanyak 20 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung di renovasi.

Perbaikan RTLH  berasal dari APBD  Pemerintah Provinsi Jawa Barat  untuk meningkatkan kualitas perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) terutama bagi warga miskin.

Ketua LPM Desa Parakanmuncang Nanang M.pd mengatakan, anggaran per satu  unit  untuk merenovasi rumah tersebut Rp17.500.000 juta. Dari anggaran per satu unitnya, Rp300 ribu untuk operasional pelaksana, sedangkan untuk tukang sebesar Rp700 ribu.

BACA JUGA: Pemuda Panca Marga Kabupaten Bogor Napak Tilas Pejuang 45

“Program RTLH tersebut untuk lebih meningkatkan kualitas rumah yang diperbaiki,” ujar Ketua LPM Desa Parakanmuncang Nanang kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Agar pengerjaan rehabilitasi rumah tepat sasaran, kata dia, sejumlah RTLH yang diusulkan para pengurus RT terlebih dilakukan verifikasi dan evaluasi.

Sebelum  diawali pelaksanaan, tim kegiatan  turun langsung bahwa setiap rumah yang akan direnovasi diharuskan adanya swadaya terlebih dahulu.

“Dari jumlah itu,  semua dapat terakomodir karena  sebelum merenovasi, para penerima manfaat RTLH telah dilakuakan swadaya,” terangnya.

BACA JUGA: Tina Tamher Tolak Keras Permendikbudristek PPKS

Seperti diketahui, sasaran yang menjadi perbaikan RTLH diantara wilayah Dusun 01 dan dan Dusun 02 terdapat di Kampung Pasirmaung, Baru, Pasirsaga, Cogreg, Blok Paris, Pakapuran, Lukut dan Kampung Pasir Ahad.

Ditargetkan akhir tahun selesai, menurutnya, dari sejumlah RTLH yang direnovasi rata rata keadaan rumah rusak berat.

Anggaran Bantuan provinsi (Banprov)  untuk merenovasi sebanyak 20 unit RTLH dilaksanakan secara bertahap. “10 unit dulu yang sudah terealisasi sisanya menyusul,” ujarnya.

Sementara Kaur Perencanaan Desa Parakanmuncang Endang Denri menjelaskan dari data base 225 RTLH,  rumah yang direnovasi  ada sebanyak 22 unit. Ada pula 2 unit bantuan renovasi rumah dari CSR PT Antam Pongkor.

“Meski setiap tahun diverifikasi untuk perbaikan RTLH, tapi saat ini jumlah RTLH  masih sangat  banyak. Ada 203 rumah yang harus diperbaiki,” tutur Endang.

BACA JUGA: Tanggulangi Covid-19, Elly Rachmat Yasin Ajak Gotong Royong

Rincian tersebut merupakan data update yang disampaiakan ke Pemkab Bogor melalui Kecamatan Nanggung. Sejauh ini kata dia, pandemi Covid -19 mempengaruhi  ekonomi masyarakat  secara luas, maka itu  peningkatan kualitas RTLH dalam rangka penanganan kemiskinan tersebut perlu dilakukan. 

Salah satu penerima manfaat warga kampung Blok Paris Euis (55) mengaku sebagian rumahnya ambruk lantaran kondisinya rusak berat. Dia sangat bersyukur atas dibangunnya rumah yang  sudah lama ia tempati.

“Kami menghaturkan terimakasih kepada Pak Gubernur Jawa Barat, Pemerintah Desa, dan LPM,” pungkasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here