26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Damkar dan Warga Evakuasi Pohon Tumbang Menimpa Warung

JURNAL INSPIRASI – Warga dan perwakilan pihak Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor dibantu petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Ciawi, mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa warung kelontong dan Poskamling di Kampung Seuseupan.

Evakuasi pohon yang tumbang saat hujan lebat disertai angin di wilayah Ciawi beberapa hari lalu itu, baru dilakukan setelah pemilik warung meminta bantuan ke Damkar.

Kepala Damkar Sektor Ciawi, Nendri mengatakan, kejadian tumbangnya pohon besar jenis keras ini, satu minggu lalu tepatnya saat hujan lebat disertai angin.

BACA JUGA: Dana Desa di Desa Hambaro Untuk Pemulihan Ekonomi

 “Untuk waktunya saya lupa. Yang jelas saat hujan lebat disertai angin kencang saja. Soalnya diwaktu bersamaan tembok pagar Balitnak Ciawi juga terkena longsor karena terbawa air,” ungkapnya kepada wartawan.

Nendri mengungkapkan, evakuasi baru bisa dilakukan setelah pemilik warung meminta bantuan bersama jajaran pemerintah desa.

Untuk proses evakuasi, hampir satu regu petugas Damkar diturunkan. Sebab, evakuasi pohon yang diameter besar, membutuhkan tenaga banyak agar cepat selesai.

 “Alhamdulillah nya banyak warga juga yang membantu. Dengan alat seadanya akhirnya evakuasi bisa diselesaikan dengan cepat,” jelasnya.

BACA JUGA: Wanhay: Konsultan Pengawas Proyek UGB Banyak Bobo

Sementara, Sekretaris Desa (Sekdes) Banjarwaru, Nana menjelaskan, saat kejadian sempat membuat arus lalulintas macet. Karena, tumbangnya pohon ini sampai menghalangi jalan.

 “Kejadiannya sore, saat hujan lebat. Waktu kejadian, warga dengan alat seadanya langsung melakukan evakuasi agar lalulintas tidak macet,” ujarnya.

Beruntung saat kejadian, tidak ada korban jiwa. Pemilik warung, saat itu sedang tidak ada di tempat.

 “Sekarang baru kita sama-sama dengan warga dan petugas Damkar melakukan evakuasi. Kasihan pemilik warung, tidak bisa jualan kalau pohon ini belum dievakuasi,” tukas Sekdes Banjarwaru tersebut.

Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles