28.8 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Bukti Nyata, H. Amir Rombak Aula Desa dari Dana Swadaya

JURNAL INSPIRASI – Janji kampanye yang diucapkan untuk melakukan perubahan bagi Desa Bojong Nangka mulai direalisasikan dengan kerja nyata yang dilakukan oleh kades muda yang satu ini. H.Amir Arsyad biasa disapa mengatakan, apa yang dia sampaikan ke warga saat ingin mencalonkan diri kini mulai diwujudkan satu persatu.

H.Amir Arsyad

“Memang tidak bisa kita lakukan sekaligus, kita buat bertahap dengan bekerja sama baik dengan masyarakat maupun Pemerintah Desa Bojong Nangka sendiri,” ucap H.Amir, saat ditemui di ruangannya, Kamis (11/11).

Dia mengawali dengan kekompakan meraih prestasi dan itu sudah dibuktikan Desa Bojong Nangka menjadi desa terbaik se Kabupaten Bogor. Begitu pun untuk PKK-nya juga sudah mulai terlihat kekompakannya.

BACA JUGA: Penanganan Banjir, Ini Kata Fathoni

“Kini merambah infrastruktur dan fasilitas yang nantinya dinikmati oleh masyarakat juga, maka saya rombak aula kantor desa senyaman mungkin dan halaman seindah mungkin dengan berbagai fasilitas yang kami sediakan,” jelasnya .

Pertama, kata dia, dibangun perpustakaan desa, dimana warga atau anak sekolah yang saat belum PTM bias belajar daring disana. Pihak desa memfasilitasi Wifi gratis untuk mengurangi beban warga dimasa pandemic Covid-19. Sekarang ini merombak aula kantor desa agar jika ada kegiatan yang harus mengumpulkan orang banyak, warga dan tamu merasa nyaman.

“Sebisa mungkin saya berusaha untuk melakukan perubahan, karena apa yang saya buat untuk kantor desa dan desa ini nantinya akan jadi catatan kenangan dan peninggalan,” cetusnya.

BACA JUGA: Tirto Adhi, Jurnalis Kritis Pembela Rakyat

Selain itu, untuk sisa tanah yang dekat dengan mushola direncakan akan dibuat seperti kafe sehingga jika ada warga yang menunggu untuk pelayanan bisa nyaman dengan melihat pemandangan akuarium, tempat duduk seperti kafe dan ada perpustakaan desa juga jika ingin sekedar baca buku.

“Dana yang kami keluarkan untuk pembanguan aula kantor desa sekitar kurang lebih 300 jutaan itu mutlak dari swadaya,” ungkapnya.

Dia pun menggandeng beberapa relasi, baik relasi pribadi maupun perusahaan swasta. Mereka diajak menyumbang dan mau memberikan untuk renovasi Desa Bojong Nangka. Pihak desa memberikan pilihan, dan memang sudah seharusnya ada timbal balik dari perusahaan yang berdomisili di Desa Bojong Nangka, sehingga  keberadaan mereka bisa dirasakan dengan ikut berkontribusi untuk renovasi kantor desa.

BACA JUGA: BPPSDMP Siapkan 1.124 Tenaga Fungsional Antisipasi Peribahan Iklim

“Semoga kedepannya bisa terealisasi seperti apa yang kami harapkan, dan saya ucapkan terimakasih untuk para donatur yang sudah berkontribusi dalam renovasi gedung aula desa ini, sekarang tinggal menunggu kesiapan Bupati Bogor untuk meresmikan aula ini,” pungkasnya.

Prinsip dia, apapun bisa terwujud dengan adanya niat yang keras dalam hati, tergantung mau atau tidak untuk mewujudkan impian, dan niat itu intinya jangan pernah takut untuk mencoba. Sekalipun gagal atau belum maksimal memang segitulah kemampuannya.

“Berani mencoba dan berpikir untuk orang banyak, berpikir sebagai pemimpin untuk memajukan desa , pasti akan bisa terlaksana. Jadi maju atau tidaknya desa tersebut tergantung pemikiran sang kades mau gak untuk memajukan desanya,” pungkasnya mengakhiri.

**naynur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles