Aksi Sosial PMI Caringin, Dua Hari Targetkan Ratusan Kantung Darah

0
Aksi donor darah selama dua hari di Gelanggang Olahraga (GOR) Caringin.

JURNAL INSPIRASI – Ratusan kantong darah dipastikan diperoleh dari para pendonor saat pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, melakukan aksi donor darah selama dua hari di Gelanggang Olahraga (GOR) Caringin.

Sekretaris PMI Kecamatan Caringin, Mimin Suminar mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan aksi sosial para pengurus PMI bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Caringin.

 “Kegiatan ini juga bertepatan dengan Hari Pahlawan dan HUT Korpri,” ungkapnya kepada Jurnal Bogor saat melakukan aksi donor darah, Kamis (11/11).

BACA JUGA: Setu Gunung Putri Bisa Dijadikan Wisata Alternatif

Mimin mengungkapkan, pada hari pertama kegiatan, jumlah pendonor yang mendaftar mencapai 145 orang. Namun, setelah dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas, banyak pendonor yang tidak bisa ikut mendonorkan darahnya dengan berbagai kendala, terutama dari kesehatan.

 “Hari pertama 80 kantung darah yang kami dapat. Berarti dari ratusan yang daftar, hanya 80 orang saja lolos pengecekan kesehatan dan bisa diambil darahnya,” jelasnya.

Aksi donor darah ini, kata Mimin, terbuka untuk semua kalangan. Bahkan, sebelum pelaksanaan kegiatan, panitia sudah melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada para kepala desa, TNI dan Polri, pihak perusahaan serta unsur lainnya.

BACA JUGA: Tidak Ada Lapang, Sekolah Minta Penghapusan Aset Gedung Perpustakaan

 “Tidak hanya melalui lisan, kami juga mensosialisasikan kegiatan ini dengan memberikan surat pemberitahuan terutama kepada pihak perusahaan,” paparnya.

Perempuan berhijab yang menjabat kepala seksi di Kecamatan Caringin tersebut mengaku optimis, kegiatan sosial yang dilaksanakan nya bersama para pengurus PMI Kecamatan ini, bisa  mencapai target jumlah darah yang didonorkan.

 “Target kami sehari sebanyak 60 kantung darah. Kalau lihat hasil yang hari pertama, kami optimis mendapatkan lebih dari 120 kantong darah di kegiatan ini,” ujar Mimin didampingi pengurus PMI Kecamatan Caringin lainnya.

BACA JUGA: Sunda Akur Dukung Pemindahan Kantor Kecamatan Tanjungsari

Di hari kedua kegiatan, belum terlalu banyak warga atau pendonor yang datang ke GOR untuk mendonorkan darahnya. Namun, terlihat ada beberapa pendonor yang sedang diambil darahnya oleh petugas.

 “Hari ini baru 9 orang yang sudah donor,” ujar Ibu Apong, salah seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Caringin yang juga ikut sebagai pengurus PMI.

Apong menyakini masih banyak lagi warga yang datang untuk mendonorkan darahnya. Terlebih, sesuai dengan jadual waktu kegiatan hingga pukul 14.00 WIB untuk pendaftaran, target 60 kantong bisa didapat.

 “Sekarang saja baru pukul 10.15 WIB. Waktunya masih lama. Dan kalau untuk pengambilan darah, sampai selesai,” tukasnya.

**denipratama/dedesuhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here