29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Hari Pahlawan, Monumen TMP Dreded Diresmikan

JURNAL INSPIRASI – Danrem 061 Suryakancana, Brigjen TNI Ahmad Fauzi bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya meresmikan Monumen Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded Kota Bogor, Rabu (10/11).

Peresmian Monumen TMP Dreded diawali Upacara Ziarah Nasional Makam Pahlawan. Selain didampingi Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, peresmian juga disaksikan jajaran Muspida Kota Bogor.

Menurut Danrem 061 Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi, peresmian dan renovasi monumen merupakan bentuk perhatian dan penghargaan Pemkot Bogor kepada para pahlawan. Keberadaan TMP Dreded merupakan sejarah yang tidak bisa dilupakan dan menjadi pemicu semangat untuk berjuang lebih baik lagi.

BACA JUGA: Lima Calon Direktur PDJT Lolos Seleksi

“Kondisi saat ini ada karena adanya sejarah perjuangan para pahlawan dalam rangka memperjuangkan yang terbaik dalam rangka kebaikan, kemajuan dan perubahan untuk bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Hari Pahlawan, kata dia, adalah tonggak sejarah untuk belajar dari para pahlawan yang telah berjuang melawan dan mengalahkan kekuatan yang lebih besar. Dengan modal kekuatan doa seluruh rakyat Indonesia dan kekuatan para pejuang luar biasa dari para pejuang.

“Semangat inilah yang harus kita warisi, semangat yang tidak pernah padam. Hari Pahlawan diharapkan menjadi inspirasi untuk kita dapat berbuat yang lebih baik untuk kemajuan, perbaikan dan pembangunan. Jangan lupa empat pedoman yang harus tetap kita jaga, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Ini adalah modal yang harus diperjuangkan dan terus dipertahankan,” tegas Brigjen TNI Achmad Fauzi.

BACA JUGA: Sudah Setahun, Raperda Transpakuan Terkatung-Katung

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengutarakan, renovasi yang dilakukan tidak berhenti sampai disini, Pemkot Bogor dengan dukungan DPRD Kota Bogor dan pihak terkait lainnya akan terus melanjutkannya.

“Rencananya akan ada rumah singgah, taman dan titik yang membuat para generasi muda Kota Bogor mampu mengenali kiprah sosok-sosok pahlawan yang beristirahat di TMP Dreded sebagai pembelajaran dan inspirasi serta berkah bagi semua,” katanya.

Bima Arya menyebutkan, di TMP Dreded ada 1.072 jasad pahlawan yang bersemayam dari kapasitas 1.300 makam.

BACA JUGA: Duh, Penyaluran BPNT Lamban

Menurutnya, Pemkot Bogor sejak lama ingin lebih menghormati dan memuliakan para pahlawan dengan menyempurnakan terus TMP Dreded sebagai penghormatan dan penghargaan atas seluruh jasa yang dilakukan para pahlawan mengorbankan jiwa raga, keluarga dan kehidupan pribadinya.

Ke depan Pemkot Bogor memiliki keinginan untuk menghidupkan seluruh cerita tentang  kepahlawanan hingga anak, cucu dan akhir zaman.

“Mereka layak mendapatkan penghargaan dan kemuliaan yang setinggi-tingginya dari kita semua,” jelasnya.

**fredykristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles