Pemdes Cisarua Bangun Insfrastruktur Hingga ke Daerah Terpencil

0
Jalan lintas antardusun dibangun Pemdes Cisarua.

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa Cisarua melalui dana Samisade (Satu Miliar Satu Desa) membangun jalan lintas antardusun dari Kampung Langkob menuju Kampung Ciparay, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dengan beton.

Kepala Desa Cisarua H Ipit Idris menyatakan, betonisasi jalan tersebut agar bisa menyentuh di dua kampung yakni Kampung Sukamanah dan Kampung Leuwibadak. “Lokasi kedua kampung itu berada  di daerah terpencil sehingga  kali ini baru tersentuh pembangunan,” ujar Kepala Desa  Cisarua H Ipit Idris, Selasa (9/11).

Menurut Kades, bantuan Pemerintah Kabupaten Bogor fokus digunakan untuk membangun jalan lintas Dusun Kampung Langkob- Ciparay. Stataus jalan tersebut sebelumnya masih tanah merah karena sekitar 2017 baru dilakukan pelebaran.

BACA JUGA: Manfaatkan Samisade, Pemdes Wargajaya Lebarkankan Jalan

“Maka itu dana Samisade tahap satu dan dua digunakan untuk membangun insrastruktur jalan di satu titik, yakni di Kampung Langkob – Ciparay sepanjang 1400 meter. Dari awal pengerjaan hingga sekarang kini telah mencapai sekitar 30 atau 40 persen,” jelasnya.

Sebelum dilakukan pengerjaan, pihak desa melihat berbagai aspek sesuai kebutuhan warga. “Guna pemerataan  di setiap wilayah RW maupun dusun makanya perlu pembangunan hingga pelosok kampong,” jelasnya lagi.

BACA JUGA: Minta Pemkot Prioritaskan R3

Daerah terpencil yang telah tersentuh pembangunan,  selain kampung  Sukamanah dan Leuwibadak  termasuk Kampung Takarama di lingkungan RW 08. “Akses jalan di Kampung Takarama telah dilakukan pembangunan  dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dimulai pada 2020 hingga 2021,” tukasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here