Dewan Sebut Pemkot Gegabah

0
Pemkot lelang sejumlah proyek, jelang akhir tahun. Diantaranya, pedestrian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah.

Lelangkan Proyek Jelang Akhir Tahun

JURNAL INSPIRASI – DPRD Kota Bogor menyoal langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang tetap melelang sejumlah proyek, jelang akhir tahun. Diantaranya, pedestrian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah. Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menyebut, pemkot terlalu gegabah melakukan pekerjaan fisik pada sisa waktu yang relatif mepet. Sebab, lelang di akhir tahun, berisiko gagal lelang.

Atang Trisnanto

“Ya, sangat riskan, sisa waktu satu setengah bulan kedepan. Sebab, baru masa sanggah, belum mulai pekerjaan akan banyak hal yang dikorbankan,” ujar Atang kepada wartawan, Selasa (9/11). 

Atang mengatakan, alokasi anggaran proyek pedestrian sepanjang 1 kilometer itu bernilai Rp5 miliar. Ia pun menyampaikan, beberapa catatan, yakni dari sisi kualitas, masalah keamanan administrasi, pengawasan baik dari masyarakat atau DPRD akan mengalami permasalahan karena terburu-burunya pekerjaan.

BACA JUGA: Pemkab Respons Positif Aspirasi Jamaah Haji

Ia meminta agar tata kelola manejemen pemerintah harus diperbaiki pada 2022. Hal itu lantaran semua program yang akan dilaksanakan sebenaranya sudah diketahui enam bulan sebelum tahun berjalan.

“Sebenarnya tiap SKPD sudah mengetahui soal kegiatannya sejak September lalu. Jadi OPD sudah dua bulan menyiapkan admninistrasi dan lain-lain,” katanya.

Seharusnya, kata Atang, hal tersebut dapat dilaksanakan pada awal tahun. Sebab, Kota Bogor mempunyai curah hujan tinggi,” imbuhnya.

Atang menegaskan bahwa pihaknya telah menyampaikan agar melakukan penguatan pengawasan pada masing-masing komisi. Khususnya mengenai pembangunan yang menjadi ranah Komisi III. “Pemerintah jangan terbiasa untuk melakukan semua pekerjaan pada triwulan terakhir. Sebab, kita tidak bisa memastikan kejadian alam yang menyebabkan tertundanya pekerjaan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Rusak Diterjang Banjir, Jembatan Garisul di Kalongsawah Mulai Dibangun

Lebih lanjut, kata Atang, banyaknya proyek fisik yang sedang dibangun di akhir tahun menunjukkan manejemen tata kelola pemerintahan yang tak baik.

Diketahui, Pemkot Bogor akan membangun kembali pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah. Area tersebut, nantinya akan dilengkapi jalur sepeda dari Air Mancur hingga Denpom III/1  Bogor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Chusnul Rozaqi mengatakan, nantinya pedestrian Sudirman akan terintegerasi dengan pedestrian SSA. “Jadi kedepan akan ada pelebaran Jalan Sudirman 1,5 meter. Tapi lajur di jalannya tetap empat,” pungkasnya.

**fredykristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here