30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

UPT Pengelolaan Sampah II Jonggol Gelar Patroli, 2 Terciduk Buang Sampah Sembarangan

JURNAL INSPIRASI – UPT Pengelolaan Sampah Wilayah II Jonggol menunjukkan keseriusannya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Salah satunya dengan melakukan patroli sampah liar yang dilaksanakan setiap harinya di Jembatan Cikarang dan Jalan Baru yang biasa dijadikan tempat sampah liar, Senin (08/11/2021)

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Satpol PP. Kepala  Tata Pengelolaan Sampah wilayah II Jonggol  Eming Sutisna saat dikonfirmasi Jurnal Bogor di ruangannya mengungkapkan, pihaknya tengah menggalakkan sikap disiplin masyarakat terkait pembuangan sampah di wilayah II.

Menurutnya, patroli tersebut merupakan implementasi dari Perda Kabupaten Bogor yang sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu dan merupakan inovasi dari DLH untuk membina masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

BACA JUGA: Pemkot tak Mau Gegabah Buka Taman Kota

“Yang punya program seperti ini baru kita, mengingat makin banyak warga yang membuang  sembarangan,” imbuh Eming.

Lebih lanjut  Eming mengatakan bahwa masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan ketika patroli sampah liar akan dikenai sanksi beragam sesuai dengan tingkat kesalahannya.

“Sanksi mulai dari peneguran, membayar retribusi, hingga kurungan penjara. Kita kan pada prinsipnya bersifat pembinaan, jadi pertama ya kita ingatkan. Tapi kalau sudah keterlaluan, bahkan bisa kita penjarakan,” tegasnya.

BACA JUGA: Proyek Masjid Agung Baru 37 Persen

Eming berharap masyarakat mematuhi larangan yang telah dipasang oleh DLH dengan tidak membuang sampah di tempat tersebut. Dia juga menghimbau masyarakat yang ada diwilayah II untuk mengelola sampah di lingkungannya dengan baik supaya tidak merugikan orang lain.

“Kita siap membantu. Silahkan ajukan permohonan ke kami, nanti kita yang akan ambil sampah di lingkungan tersebut dengan truk,” pungkasnya.

Eming  menambahkan, dalam patroli kemarin terjaring 2 warga yang membuang sampah sembarangan, dan pada patroli sebelumnya juga ditemukan hal yang sama.

**nay/ramses

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles