33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Hari Pahlawan, Pemkot Ubah Dua Nama Jalan

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana mengganti nama dua ruas jalan, yakni Jalan Kesehatan, Kecamatan Tanahsareal dan Jalan Ciheuleut, Kecamatan Bogor Timur.

Diketahui, Jalan Kesehatan akan diganti nama menjadi Jalan Raden Tirto Adhi Soerjo, yang merupakan tokoh jurnalistik ‘Kota Hujan’. Sementara Jalan Ciheuleut diganti dengan nama Jalan RSA Kartadjumena, yang merupakan Walikota Bogor yang menjabat pada 1952-1955.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan bahwa pergantian nama jalan tersebut akan dikukuhkan pada peringatan Hari Pahlawan, yang jatuh pada 10 November nanti.

BACA JUGA: Simpang Cikereteg Dan Pasar Caringin Penyebab Kemacetan Jalan Sukabumi

Ia mengaku sempat membicarakan rencana soal penggantian nama jalan Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, menggantikan Jalan Kesehatan saat Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

“Jadi akan ada dua nama jalan baru. Yang pertama, Jalan Kesehatan diganti dengan namanya Raden Mas Tirto Adhi Soerjo. Beliau pahlawan nasional yang juga seorang jurnalis dan berjuang di masa awal-awal kemerdekaan,” ujar Dedie, belum lama ini.

BACA JUGA: Minim Pembuatan Akta Kelahiran di Wilayah Bogor Barat, Ini Sebabnya

Kata dia, Tirto Adhi Soerjo, termasuk pelopor jurnalistik di Indonesia yang juga dimakamkan di TPU Blender, Kecamatan Tanahsareal. Dengan penamaan jalan itu, diharapkan dapat membangkitkan semangat pers dalam membangun negeri.

Sedangkan untuk penamaan Jalan RSA Kartadjumena lantaran eks wali kota itu banyak berkontribusi untuk kemajuan Kota Bogor.

**fredykristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles